Lima Tips Menjadi Lebih Produktif Di Tempat Kerja

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 11 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bagi seorang pekerja yang bekerja di kantor, pasti ada kalanya mengalami fase bosan dan stress saat melakukan pekerjaannya. Maka diperlukan untuk mengatur jadwal ulang aktivitas di kantor, agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia dan lebih produktif.

Berikut lima tips yang bisa Anda lakukan di tempat kerja, agar lebih produktif, dilansir dari Liputan6.com (09/03/2021):

  1. Multitasking

Ada perbedaan antara sibuk dan produktif. Hal itu dijelaskan berdasarkan penelitian, yang menunjukkan bahwa mencoba menyelesaikan banyak tugas, malah akan berdampak pada produktivitas dan kemungkinan Anda tidak melakukan tugas dengan baik.

“Saran pertama yang akan saya berikan kepada seseorang yang ingin menjadi lebih produktif adalah keluar dari pola pikir melakukan lebih banyak hal, dan ke dalam pola pikir melakukan lebih banyak hal yang benar,” kata penulis “Essentialism: The Disciplined Pursuit of Less,” Greg McKeown.

  1. Simpan Ponsel dan Fokus pada Prioritas

Teknologi sering kali menjadi pengganggu saat Anda sedang bekerja, seperti munculnya notifikasi ponsel yang membuat perhatian jadi teralihkan.

Selain itu, biasanya setelah mengecek ponsel, Anda akan berlanjut untuk membuka media sosial, lalu lupa waktu hingga membuat pekerjaan Anda tertunda.

Maka, Anda harus fokus saat bekerja, untuk menghindari hal tersebut matikan ponsel atau cukup dengan nada hening, agar tidak mengganggu saat Anda bekerja.

Seperti yang dikatakan oleh McKeown, apabila Anda lebih banyak memainkan ponsel, maka waktu produktif Anda akan terbuang sia-sia, Anda harus fokus pada yang diprioritaskan.

  1. Jangan sampai terganggu

Kebanyakan orang lebih produktif ketika mereka dapat memiliki banyak waktu untuk fokus tanpa gangguan.

Menurut penulis Ashley Stahl, penting untuk memberi tahu orang-orang disekeliling Anda bahwa Anda sedang sibuk, agar mereka tidak mengganggu seperti menelepon Anda tiba-tiba, atau meminta Anda melakukan hal lain diluar kesibukkan yang sedang dikerjakan.

  1. Istirahat Sejenak

Terlalu banyak bekerja, tentu membuat Anda lelah meskipun Anda berniat agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Namun, Anda perlu menciptakan ruang untuk beristirahat disela-sela seibuk bekerja, seperti berjalan-jalan menyapa teman sekantor Anda, atau keluar ruangan untuk sekedar menghirup udara segar.

Hal itu berguna, agar pikiran Anda menjadi tenang dan Anda bisa kembali melanjutkan pekerjaan dengan suasana hati yang segar.

  1. Terorganisir

Perencanaan dan pengorganisasian sangat berguna, untuk membantu Anda mendapatkan gambaran tentang jadwal kerja dan tujuan jangka panjang ke depannya. Anda bisa membuat jadwal tertulis mengenai semua hal, yang perlu dilakukan pada hari itu.

Mungkin, Anda bisa menggunakan aplikasi melalui ponsel, untuk membantu Anda mengelola daftar dan rencana yang harus dilakukan, seperti aplikasi Todoist, Memento, dan Trello.

Sebelum Anda memulai hari kerja, luangkan 30 menit untuk merencanakan hari Anda dan mencari tahu apa yang perlu Anda lakukan.

Dengan mengurutkan jadwal yang perlu Anda lakukan, tentu akan membantu Anda menjadi lebih produktif di tempat kerja. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: