Lima Tips Makan Malam Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 4 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Malam hari merupakan waktu yang sangat penting bagi bagi bertambahnya berat badan. Pilihan yang kamu buat dalam makan malam ini bisa menentukan pertumbuhan berat badan.

Bukan hanya makanan, pilihan untuk aktivitas yang kamu lakukan di malam hari juga bisa mempengaruhi hal ini. Waktu makan dan olahraga ini bisa berpengaruh secara negatif maupun negatif terhadap naik atau turunnya berat badan.

Sebenarnya, pemilihan waktu makan yang lain juga bisa mempengaruhi kondisi pertumbuhan berat badan. Walau begitu, dibanding pada pagi dan siang hari, kondisi di malam hari dianggap paling berpengaruh terhadap berat badan.

Sejumlah tips bisa kamu terapkan untuk membantu dalam menurunkan berat badan ini. Dilansir dari Merdeka.com (02/10/2020), berikut sejumlah tips makan malam yang bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Makan malam dalam jam yang sama setiap hari bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena kamu bakal lebih terencana dalam makan malam dibanding memilih makanan secara sembarangan.

Carissa Gallowat, RDN, pakar diet serta pelatih pribadi mengungkap bahwa dengan makan secara terencana, kamu bisa terhindar dari pemilihan makanan yang sembarangan. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan jadwal makan yang lebih sore dan membuat makanan tidak menumpuk di malam hari.

Hindari Gangguan ketika Makan

Banyak orang yang makan malam sambil bersantai menonton TV atau bermain ponsel. Hal ini ternyata bisa membuatmu kesulitan memproses rasa dan sukar merasa kenyang lebih cepat.

Penelitian pada Agustus 2020 mengungkap bahwa ketika seseorang sedang melakukan suatu hal, mereka bakal kesulitan menyadari saat perut terasa kenyang. Lebih lanjut, hal ini bisa membuatmu makan berlebihan dan juga dengan rasa yang tak seberapa lezat

Minum Air Putih Terlebih Dahulu

Konsumsi air diketahui bisa berhubungan dengan menurunkan berat badan. Minum banyak air sebelum makan malam bisa membuatmu tidak mengonsumsi banyak kalori.

Minum air terutama dalam jumlah banyak ini bisa membuat perut lebih kenyang sehingga kamu jadi makan lebih sedikit.

“Nilai tambahan jika kamu meminum air 30 menit sebelum makan dan kemudian mengonsumsi sayuran atau makanan tinggi serat terlebih dahulu,” jelas Galloway.

“Tujuannya adalah untuk membuatmu lebih kenyang dengan lebih baik pada makanan, sehingga kamu terhindar dari makanan tinggi lemak atau karbohidrat olahan,” sambungnya.

Kunyah Perlahan

Strategi paling sederhana untuk menurunkan berat badan di malam hari adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Makan secara perlahan bisa menurunkan jumlah makanan yang dikonsumsi, menurunkan rasa lapar, serta meningkatkan rasa kenyang.

Hasil penelitian mengungkap bahwa seseorang yang makan lebih cepat cederung memiliki lingkar pergelangan lebih besar dan cenderung mengalami sindrom metabolisme. Cara lain juga bisa kamu lakukan untuk memperlambat makan seperti menggigit alat makan di antara tiap suapan, minum air, atau dengan berbicara dengan orang lain.

Berjalan Setelah Makan

Banyak orang langsung bersantai atau bermalas-malasan usai makan malam. Namun jika kamu bertekad untuk menurunkan berat badan, berjalan-jalan di malam hari merupakan hal yang harus dilakukan.

“Berjalan setelah makan malam memiliki efek ajaib karena bisa membantu menstimulasi metabolisme yang dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan,” jelas Galloway.

Selain itu, banyak orang cenderung kurang aktif di malam hari sehingga hal ini bisa membantu menambah aktivitas membakar kalori. Kegiatan ini sangat disarankan untuk dilakukan terutama bagi mereka yang memiliki risiko diabetes. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: