Lima Tips Berlari Agar Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 30 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Beberapa tahun belakangan ini, berlari menjadi tren olahraga di seluruh belahan dunia. Berlari tidak hanya dilakukan untuk hidup lebih sehat, tapi juga menurunkan berat badan.

Namun jika dilakukan dengan teknik dan cara yang salah, berlari tidak akan efektif untuk membuat berat badanmu ideal.

Dilansir dari Dream.co.id (28/01/2021), berikut tips berlari agar lebih efektif menurunkan berat badanmu.

  1. Lakukan secara rutin

Konsistensi merupakan kunci keberhasilan menurunkan berat badan. Jika kamu hanya melakukannya sekali dua kali, berlari hanya akan membuatmu semakin lapar.

Akhirnya, kamu justru makan lebih banyak dan mengalami peningkatan berat badan. Jadi, lakukanlah secara rutin sambil menjalani pola makan sehat.

  1. Menentukan waktu beristirahat

Ototmu perlu beristrahat setelah berolahraga selama 5 atau 6 hari berturut-turut. Jangan forsir tenagamu agar tidak kelelahan dan berakibat buruk pada kesehatan.

  1. Tingkatkan durasi berolahraga

Jika ingin lebih menantang, coba tingkatkan durasi berlari agar tubuhmu pun semakin kuat dan sehat.

Kamu tidak perlu berlari dengan cepat. Durasi yang lama dengan kecepatan yang stabil akan memberikan dampak lebih baik bagi kesehatan.

  1. Tambahkan jaraknya perlahan-lahan

Jangan terburu-buru untuk bisa berlari jarak jauh. Sempurnakan postur dan teknik berlari serta seimbangkan kecepatannya terlebih dulu.

Jika sudah terbiasa, kamu bisa berlari lebih jauh dari sebelumya. Tambahkan 10 persen jarak yang ditempuh setiap minggu agar perkembangannya lebih teratur.

  1. Lakukan jenis olahraga lainnya

Kombinasikan lari dengan jenis olahraga lainnya agar semua otot di seluruh tubuh terlatih. Lakukanlah bodyweight training, bersepeda atau berenang agar lebih variatif. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: