Lima Taman Nasional di Pulau Jawa Yang Bisa Jadi Tempat Wisata

FOTO: net/indolinear.com
Kamis, 25 Juni 2020
Nusantara | Uploader puspita
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli. Biasanya taman nasional dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Bagi  taman nasional yang dibuka untuk destinasi wisata alam dan petualangan, pengunjung harus memegang surat izin masuk kawasan konservasi. Suasana asri dan alami penalaman tersendiri bagi pengunjung.

Dilansir dari kumparan.com, di Pulau jawa ada lima taman nasional yang paling diminati pengunjung. Sehingga tak perlu jauh-jauh ke pulau-pulau eksotik atau pelosok Indonesia.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di Provinsi Jawa Barat. Ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1980. Fungsi didirikannya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk melindungi, serta tempat konservasi ekosistem dan flora pegunungan di Jawa Barat. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mempunyai luas 21.975 hektare.

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu terletak di Provinsi DKI Jakarta. Taman Nasional laut ini memiliki lebih dari 44 pulau, di antaranya yang terkenal sebagai perlindungan burung adalah Pulau Rambut. Flora dan fauna yang dilindungi juga banyak terdapat di wilayah ini, seperti terumbu karang, gelidium, pandan laut, warau laut, bakau dan mangrove. Sedangkan fauna dilindungi antara lain lumba-lumba hidung botol, hiu karang, beberapa jenis burung dan Moluska, seperti Kima, kerang kepala kambing, dan batu laga.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di Provinsi Jawa Timur. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran, yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan. Flora yang ada di Taman Nasional ini di antaranya Widoro bekol, gadung, kemiri, dan bekong. Sedangkan fauna yang dilindungi di wilayah ini di antaranya macan Tutul Jawa, Harimau Jawa (punah tahun 1970-an), Banteng, Burung Merak, Jalag dan kucing Bakau.

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Provinsi Jawa Timur. Secara umum tipe hutan di kawasan Taman Nasional Alas Purwo merupakan hutan hujan dataran rendah. Mamalia yang tercatat diantaranya Banteng, Rusa, Ajag, Babi Hutan, Kijang, Macan Tutul, Lutung, Kera Abu-abu dan Biawak.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di Jawa Timur. Ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1982. Dulunya daerah Tengger merupakan kawasan hutan yang berfungsi sebagai cagar alam dan hutan wisata. Kawasan hutan ini berfungsi sebagai hutan lindung dan hutan produksi. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mempunyai luas 50.276,3 hektare.(pit)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: