Lima Skutik Bekas Pilihan Bagi Yang Anda Punya Dana Rp5 Juta

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 9 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Motor matik atau skutik menawarkan beragam kelebihan dinilai lebih unggul dibanding model lainnya. Selain harganya yang terjangkau, kemudahan dalam pengoperasian di kemacetan kota memang memanjakan pemiliknya.

Kepala Marketing Antara Motor, Dwi Aryanto sebagai salah satu penjual motor bekas mengatakan hal yang serupa, dari ragam tipe motor yang tersedia di dilernya motor matiklah yang menjadi primadona penjualan.

“Masih motor matik yang paling laris, seperti Honda BeAT sampai Yamaha Mio. Tapi motor gigi bukan tidak ada peminatnya, kita masih bisa jual setiap bulannya,” kata Ary yang dilansir dari liputan6.com (07/01/2022).

Sementara menurut Ujay pemilik diler motor bekas Gama di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta menjelaskan untuk motor matik bekas di bawah Rp 5 juta masih banyak pilihannya. Kendati demikian dengan range harga seperti itu motor unit yang akan di dapat adalah produksi lama sekitar 2010 ke bawah.

“Pilihannya masih banyak dan umumnya memang menggunakan karburator. Ada Yamaha di bawah 2010 dan Honda di bawah 2008,” katanya saat dihubungi terpisah.

Kira-kira apa saja pilihan motor matik bekas di bawah Rp 5 juta? Berikut OTO.com sajikan opsinya yang rasanya masih relevan digunakan di 2022.

Yamaha Mio Sporty

Pertama Anda bisa mempertimbangkan Yamaha Mio Sporty keluaran 2009 2008. Harga pasarannya pas dengan dana di bawah Rp 5 juta. Di laman jual beli daring, motor ini punya banderol mulai Rp 3 juta sampai 4,5 juta. Diferensiasi harga umumnya dilihat dari kondisi fisik dan juga pajak kendaraan.

Untuk dapur pacunya dia mengemas mesin 113,7 cc, SOHC 4-tak, pendingin udara, dan pengabut karburator. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,5 daya pada 8.000 rpm dan torsi puncak.

Urusan akomodasi juga bisa diandalkan, dia punya ruang penyimpanan di dek kiri dan kanan depan. Kemudian ada hook untuk membawa barang tambahan dan ruang bagasi yang cukup besar namun sayangnya memang tidak bisa menyimpan helm atau barang berdimensi besar.

Yamaha Mio Soul

Pilihan kedua bisa melirik Yamaha Mio Soul. Buat harga di bawah Rp 5 juta unit yang boleh dipertimbangkan adalah produksi 2008 sampai 2010.

Harga jual pasaran dari motor ini di lapak online dilepas mulai Rp 3,5 juta sampai 4,8 juta. Tampilannya lebih sporty ketimbang Mio, desain batok bodi setangnya saat itu jadi tren dan diikuti juga pada beberapa model Yamaha yang lain.

Rangkanya menggendong mesin 113,7 cc SOHC, 4-tak, berpendingin udara, dan berpengabut karburator. Output tenaganya adalah 8,7 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi 7,84 Nm di 7.000 rpm.

Urusan akomodasi, Yamaha Mio Soul kurang lebih memiliki persamaan dengan Mio Sporty. Dia memiliki penyimpanan di dek depan, hook, dan juga bagasi utama di bawah jok pengemudi.

Honda BeAT

Opsi ketiga bisa melirik Honda BeAT. Motor matik dengan dimensi kompak ini dijual dengan banderol Rp 4 juta hingga Rp 4,4 juta untuk produksi di 2008 sampai 2010.

Bicara teknis mesin, Honda BeAT generasi pertama itu dibekali enjin 108 cc, SOHC 4-tak, berpendingin udara dan berpengabut karburator, Honda BeAT generasi pertama ini diklaim punya tenaga 8,1 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak 8,3 Nm di 5.500 rpm.

Honda Spacy

Keempat adalah Honda Spacy lansiran 2011. Di lapak jual beli online, motor ini dilego dengan banderol Rp 4,1 juta sampai 4,7 juta pas dengan budget Anda.

Meski kurang dilirik konsumen saat itu, motor ini masih patut untuk digunakan di 2022. Mesinnya dibekali kubikasi 108 cc, 4-tak SOHC, pendingin udara dan berpengabut karburator. Tenaganya diklaim mampu menyentuh 8,4 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak 8 Nm di 6.000 rpm.

Urusan bawa-bawa barang identik dengan 3 motor di bekas di atas. Rasanya masih cukup untuk menemani mobilitas harian pemiliknya.

Suzuki Skywave

Oke pilihan terakhir adalah Suzuki Skywave lansiran 2008. Motor matik dengan ukuran cukup gambot ini dijual Rp 4,3 juta sampai 4,8 juta tergantung kondisi.

Kelebihan di banding pilihan motor bekas yang sudah dijelaskan di atas, Skywave memiliki kapasitas mesin paling besar. Dia mengemas enjin 125 cc, SOHC, pendingin udara, dan pengabut karburator.

Dengan racikan mesin itu, Suzuki Skywave mampu menghempaskan tenaga maksimal sampai 9,6 daya kuda di 8.000 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm. Urusan bawa-bawa barang, motor ini lebih besar daya angkut karena bisa menampung 1 buah helm di balik jok, memiliki 2 kompartemen di dek depan, dan juga komponen hook.

Kesimpulan

Dan itulah 5 pilihan motor matik bekas di bawah Rp 5 juta yang bisa dijadikan alternatif di 2022 ini. Harga di atas bersifat tentatif, artinya bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Saran dari kami, karena motor ini masuk kategori matik lawas ada baiknya sebelum membeli perhatikan secara menyeluruh kondisi mesin, bodi, kaki-kaki, dan juga kelengkapan dokumen berupa STNK dan BPKB.

Kemudian jangan lupa untuk membawa mekanik kepercayaan guna menginspeksi motor bekas yang sedang diincar. Hal ini penting untuk mengetahui atau memperhitungkan estimasi biaya perbaikan jika memang ada kerusakan. Selamat berburu! (Uli)