Lima Senjata Mengerikan Nazi Agar Menguasai Dunia

liputan6com/indolinear.com
Senin, 20 November 2017
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menjelang akhir Perang Dunia II, Nazi mulai melakukan berbagai eksperimen untuk membangun senjata-senjata pamungkas, mulai dari tank raksasa, hingga pesawat jet pembom.

Bukan rahasia lagi bahwa Hitler memang berniat menguasai seluruh dunia, sehingga apapun dilakukan agar Nazi Jerman bisa mencapai tujuan tersebut.

Dikutip dari Liputan6.com (18/11/2017). sejumlah senjata itu berhasil diciptakan dan memberikan dampak besar kepada pihak lawan. Untungnya, sebagian lagi belum sempat tercipta hingga perang usai.

Berikut ini adalah 10 senjata super gagasan Nazi Jerman yang sebagian teknologinya masih dipakai hingga sekarang:

  1. Horten Ho 229

Pesawat jet pembom merupakan hal yang lazim di masa kini, tapi siapa sangka bahwa pihak Nazi merupakan yang pertama kalinya memiliki gagasan pesawat sejenis itu.

Horten Ho 229 adalah salah satu senjata super Nazi yang paling mengagumkan, bahkan menjadi salah satu yang kasat radar. Pesawat itu mampu membawa 1.000 kilogram bom dengan kecepatan hingga 977 kilometer/jam, tapi bermasalah dengan konsumsi bahan bakar.

Hitler sudah memerintahkan produksi masal pesawat itu, tapi tidak banyak yang berhasil dibuat karena berbagai alasan. Ada beberapa purwarupa yang bertahan hingga sekarang, sedangkan sisanya dimusnahkan atau disita musuh.

  1. Landkreuzer P.1000 Ratte

Angkatan Darat Jerman terkenal dengan kekuatan hebat tank mereka. Tidak mengejutkan ketika mereka kemudian merancang tank terbesar dan terkuat di dunia, yaitu Landkreuzer P.1000 Ratte.

Rencananya, tank itu memiliki panjang 44 meter dengan tinggi setara gedung 4 lantai. Dengan bobot 1000 ton metrik, tank itu lebih berat daripada tank manapun sedunia.

Rancangannya disetujui oleh Edward Grottein, seorang direktur Krupp, pada 1942. Tapi, tank itu tidak praktis untuk dibuat dan rencana itu kemudian dibatalkan.

Lagipula, tank seberat itu tidak ada gunanya secara militer, tidak nyaman, dan mudah ketahuan musuh dari kejauhan. Seandainya jadi dibuat, maka Landkreuzer P.1000 Ratte bisa menjadi senjata super Nazi yang paling terkenal.

  1. Schwerer Gustav

Meriam Schwerer Gustav adalah suatu meriam terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah manusia, dengan berat sekitar 1.350 ton. Meriam itu bisa menembakkan peluru berukuran 800 mm seberat 7 ton.

Sistem persenjataan itu harus ditangani oleh 250 orang. Karena beratnya, maka meriam itu diangkut menggunakan angkutan rel kereta. Tapi ukuran itu terlalu besar sehingga dapat menjadi sasaran empuk pesawat pembom musuh.

Walaupun demikian, pihak Nazi sempat membuat meriam itu dan menggunakannya dalam pengepungan Sevastopol dan Stalingrad. Meriam itu sempat memuntahkan 40 peluru, tapi kemudian direbut dan dihancurkan oleh pihak Sekutu.

  1. Meriam Super V3

Gagasan pembuatan senjata itu datang bersamaan dengan misi untuk menghancurkan kota London, setelah pembuatan roket V2 dan rudal V1 yang juga dibuat untuk tujuan yang sama namun gagal.

Meriam V3 termasuk senjata paling mematikan buatan Nazi dan tiap jamnya mampu menembak 300 peluru panjang berukuran 2,7 meter dengan jangkauan 165 kilometer.

Meriam itu dibangun dan kemudian diarahkan ke London, tapi beberapa bagian pentingnya telah terlebih dahulu dihancurkan oleh pesawat-pesawat pembom Inggris sebelum sempat beraksi.

  1. Bom Berpandu Anti Kapal Fritz X

Bom itu dirancang pada 1943 untuk menghajar kapal-kapal Sekutu di Laut Tengah dan bom itu sekaran dipakai oleh militer di seluruh dunia. Bom itu dirancang sebagai bom pintar yang dapat dikendalikan dari jauh setelah diluncurkan dan bisa mengubah lintasan penerbangan sesuai perintah.

Dengan demikian, bom itu semakin tepat dan sangat mengurangi kehancuran tak perlu (collateral damage). Pada masanya, para lawan Nazi gentar melihat peluru yang bisa beganti arah selagi terbang dan menciptakan kerusakan luar biasa.

Ketika itu, bom dikendalikan menggunakan sistem kendali radio dengan tongkat joystick. Teknologi itu merupakan hal baru pada masanya dan membuat panik pihak lawan. (Uli)