loading...

Lima Museum Di Bogor Yang Jadi Tempat Wisata Alternatif

FOTO: net/indolinear.com
Kamis, 9 Juli 2020
Bogor | Uploader puspita

Indolinear.com, Bogor – Keberadaan Istana Bogor menjadikan Kota Bogor menjadi sorotan dunia semenjak Jokowi memilih untuk tinggal disini.Karena jokowi sesekali melakukan kegiatan kenegaraan di Bogor.

Terlepas dari kegiatan kenegaraan, di lingkungan Istana Bogor juga terdapat Kebun Raya Bogor (KRB). Kebun Raya Bogor adalah kebun botani paling luas di Bogor yang mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya Bogor adalah ikon yang sangat melekat dan hingga saat ini masih menjadi destinasi wisata favorit.

Bogor juga mempunyai beberapa museum yang bisa dijadikan tempat wisata alternatif. Berikut lima museum yang ada di Bogor.

Museum Zoologi Bogor

Museum zoology letaknya tidak jauh dari Kebun Raya Bogor. Museum ini memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa. Mulai dari spesimen yang diawetkan hingga fosil-fosil hewan. Museum ini dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi (LIPI). Koleksi ilmiah yang dimiliki museum ini meliputi kategori antara lain: mamalia, ikan , burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga dan invertebrata lainnya yang bukan moluska dan serangga.

Museum Pembela Tanah Air  (PETA)

Museum ini didirikan untuk memberikan penghargaan kepada para mantan tentara PETA atas kontribusinya dalam pendirian bangsa dan negara. Dari museum ini pula kita bisa mengetahui gambaran persiapan mengisi kemerdekaan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia Republik Indonesia.

Museum ini memiliki koleksi yang terdiri atas relief atau monumen yang menceritakan awal terbentuknya tentara PETA hingga terjadinya pertempuran tentara PETA yang melawan penjajah.  Selain itu, terdapat patung, perlengkapan perang, meriam dan senjata lainnya. Museum PETA juga memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan PETA dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.

Prasasti Batutulis

Mungkin tidak banyak  orang yang mengetahui prasasti ini. Letaknya tidak begitu strategis dan tidak ada fasilitas tempat parkir. Prasasti Batutulis ini berada tidak jauh dari Istana Batutulis.  Kompleks Prasasti Batutulis ini memiliki luas 17 x 15 meter terletak tepat di Jalan Batutulis. Prasastu ini masih in situ atau sebutan lainnya yiatu masih terletak d lokasi aslinya dan menjadi nama desa lokasi situs ini.

Batu Prasasti dan benda-benda peninggalan Kerajaan Sunda lainnya masih terdapat di dalam komplek ini. Pada batu prasasti ini berukir kalimat-kalimat dalam bahasa dan aksara Sunda Kuno yang isinya sebagai berikut,

Museum Herbarium Bogoriense

Di Bogor ini banyak sekali museum yang berkaitan dengan kehidupan flora dan fauna. Salah satu yang paling penting adalah Museum Herbarium Bogoriense. Museum ini adalah yang terlengkap di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia lho. Banyangkan saja ada sekitar 2 juta spesimen kering, basah, mikroba jamur, dan jamur.

Gedung yang dipalai Museum Herbarium Bogoriense ini juga sangat bersejarah. Saat ini sudah berusia 166 tahun. Museum Herbarium Bogoriense ini memiliki arti yang sangat penting di dunia ilmu pengetahuan. Terutama untuk penelitian flora tropika khas Indonesia.

Museum Balai Kirti

Mungkin kamu masih asing dengan nama Museum Balai Kirti yang ada di Bogor. Museum kepresidenan ini berada di kompleks Istana Kepresidenan Bogor. Museum dengan luas 3211,6 meter ini memiliki banyak informasi seputar sejarah Indonesia. Museum tiga lantai ini terdiri dari Galeri Kebangsaan di lantai satu, Galeri Kepresidenan di lantai dua, dan di lantai tiga kamu bisa menikmati taman indah.

Di sini kamu bisa melihat naskah proklamasi, lambang negara, burung garuda, dan lainnya. Sedangkan di Galeri Kebangsaan juga terdapat peta digital yang menggambarkan sejarah perkembangan wilayah kesatuan NKRI. Selanjutnya lantai kedua ruang Galeri Kepresidenan menggambarkan peristiwa, prestasi, dan sosok enam Presiden.(pit)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: