Lima Mitos Dan Legenda Yang Ada Di Swiss

FOTO: viva.co.id/indolinear.com
Jumat, 17 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Terlepas dari segala unsur teknologi dan kehidupan yang modern, beberapa negara masih menyimpan legenda dan mitos yang dipercayai oleh warga setempat. Legenda di sebuah negara pada umumnya seperti tempat berhantu, adanya makhluk astral, atau cerita rakyat yang terdengar mustahil.

Salah satu negara maju di Eropa yaitu Swiss pun juga memiliki legenda dan mitos. Negara dengan ibu kota Bern ini terkenal dengan legenda seorang wanita bernama Anna Göldi. Selain itu, masih ada mitos dan legenda lainnya dari negara yang terletak di Eropa Tengah tersebut.

Dilansir dari Viva.co.id (16/06/2022), berikut 5 legenda dan mitos yang terdapat di Swiss.

Barbegazi

Barbegazi merupakan makhluk yang muncul pada saat longsor salju. Mereka memiliki kaki yang besar dan berwarna putih. Walaupun ukuran badannya besar, masyarakat Swiss mempercayai bahwa Barbegazi tidaklah berbahaya. Kabarnya mereka malah sering membantu orang yang tersesat.

Cerita St. Beatus Mengalahkan Naga

Pada abad ke-1, ada seorang biarawan Swiss bernama Beatus. Suatu hari ia sedang mencari ketenangan. Alih-alih menemukan kedamaian, ia justru menemukan gua yang dihuni naga bernapas api.

Ia pun mengusir naga tersebut dan melanjutkan pencarian. Gua tersebut konon berlokasi di Pegunungan Beatenberg, Interlaken, yang masih berdekatan dengan ibu kota Bern.

Makhluk pemakan anak di Bern

Terdapat sesosok ogre, makhluk berjenis kelamin pria yang dicap mempunyai wajah buruk rupa, memakan karung yang berisi bayi-bayi. Ogre bernama Kindlifresser ini berasal dari saudara laki-laki pendiri kota Bern, Duke Berchtold. Entah dasar asas apa, tiba-tiba ia mengamuk dengan memakan anak-anak yang ada di Bern.

Arnold von Winkelried Lukisan

Legenda mengatakan Arnold von Winkelried adalah pria tangguh yang pernah ada di Swiss. Pernyataan ini diikuti oleh kisahnya yang mengambil alih Swiss untuk menyerang musuh pada saat Pertempuran Sempach pada tahun 1386. Sayangnya ia tewas dalam peperangan tersebut. Namun peristiwa itu disebut-sebut sebagai peristiwa bersejarah bagi negara Swiss.

Anna Göldi

Sempat disebut namanya pada awal artikel, ternyata Anna Göldi bukanlah wanita biasa yang hidup pada abad ke-18. Pada mulanya Anna merupakan seorang pelayan di rumah keluarga yang kaya raya. Tetapi salah satu anak majikannya secara misterius jatuh sakit. Ia dituduh sebagai penyebabnya sebab terdapat jarum di makanan sang anak. Setelah melalui proses yang panjang dan bertele-tele, Anna dijatuhkan hukuman mati karena sihir terhadap anak itu. (Uli)

loading...