Lima Misteri Dan Mitos Candi Prambanan, Ada Burung Kepala Manusia

FOTO: okezone.com/indolinear.com
Rabu, 22 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Misteri dan mitos Candi Prambanan akan diulas dalam artikel ini. Candi Prambanan merupakan warisan budaya dan telah diakui UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia. Meski kemegahannya ini telah diakui, Candi Prambanan menyimpan misteri serta mitos. Berikut ini misteri dan mitos Candi Prambanan yang dilansir dari Okezone.com (21/06/2022).

  1. Pembangunan Candi Hanya Satu Malam

Mitos pertama dari Candi Prambanan adalah proses pembangunannya, konon katanya Prambanan hanya dibangun 1 malam saja oleh salah seorang pangeran dari kerajaan Pengging yaitu Bandung Bondowoso. Ia terkenal dengan ilmu gaibnya, dan diperkirakan bahwa Prambanan adalah hasil dari ilmu tersebut.

  1. Cahaya Arca Dewi Durga sebagai Pemutus Status Lajang

Keberadaan cahaya yang sering muncul di sekitaran Arca Dewi Durga yang berlokasi di salah satu ruangan Candi Utama dan Candi Siwa. Katanya cahaya yang sering muncul dari Arca Dewi Durga ini dapat memutus status lajang seseorang, oleh karena itu biasanya para anak muda yang tidak memiliki pasangan berebut mencari cahaya tersebut.

  1. Putusnya hubungan pasangan

konon katanya siapapun pasangan kekasih yang memasuki Candi Prambanan maka mereka akan putus dalam beberapa hari ke depan. Mitos ini berawal dari kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang yang kandas karena memang keduanya memiliki banyak perbedaan terutama Roro Jongrang yang enggan menerima cinta sang pangeran.

  1. Misteri hewan aneh

Candi Prambanan kaya akan relief yang menggambarkan flora dan fauna indonesia. Namun, ada beberapa relief yang tidak lazim seperti burung berkepala manusia, dan sebagainya. Masih menjadi misteri apakah ini imajinasi semata atau memang dulu sudah ada manipulasi genetik.

  1. Kemiripan dengan Angkot Wat

Angkor Wat adalah candi Hindu terbesar di dunia yang berada di Kamboja. Apabila dilihat sekilas dari kejauhan arsiteknya mirip dengan candi Prambanan. Mungkinkah candi Prambanan terinspirasi dari Angkor Wat atau sebaliknya, ini masih menjadi misteri. (Uli)