Lima Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Untuk Dikonsumsi Saat Bepergian

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 30 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Memilih makanan yang tepat merupakan sebuah hal yang penting dilakukan selama kamu bepergian. Munculnya masalah pencernaan bisa menyebabkan perjalanan yang kamu rencanakan dan idamkan jadi terganggu.

Banyaknya makanan berbeda dan eksotis yang kamu temui saat perjalanan bisa membuatmu tidak hati-hati saat makan. Berbagai makanan yang asing masuk pada perutmu sering tidak terjaga dan berpotensi memunculkan masalah.

Walau harus berhati-hati, penting untuk tetap mengonsumsi makanan demi kesehatanmu. Makanan ini bakal menjadi sumber nutrisi dan energi pada tubuhmu selama bepergian.

Mengonsumsi makanan yang tak tepat bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan pada dirimu. Dilansir dari Merdeka.com (28/12/2021), berikut sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat bepergian.

Apel dan Berry-Berryan

Konsumsi buah merupakan hal yang penting dilakukan setiap hari. Hal ini juga penting dilakukan ketika bepergian.

Buah tertentu, juga sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin. Walau begitu, usahakan konsumsi buah dengan kulit yang mudah dikupas seperti pisang dan jeruk serta hindari makan buah berry dan apel karena mudah terinfeksi bakteri.

Konsumsi buah yang tepat bisa menjaga kesehatan tubuh serta memenuhi asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daging dan Produk Olahan Susu

Daging dan produk olahan susu merupakan makanan lezat yang sulit dihindari. Padahal, kedua makanan ini memiliki rasa yang lezat dan sangat mudah ditemui.

Pada saat bepergian, walau lezat keduanya sebisa mungkin dihindari. Hal ini terutama ketika kamu sedang dalam perjalanan jauh.

Daging dan produk olahan susu membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan cukup sulit. Hal ini bisa membuat energi cepat terkuras dan perut terasa kembung.

Makanan Olahan

Makanan olahan sebaiknya diminamilasi pada kehidupan sehari-hari. Hal ini terutama ketika sedang berada dalam perjalanan.

Konsumsi makanan olahan terutama dalam jumlah besar tidak memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Walau murah dan mengenyangkan, makanan ini sebaiknya dihindari.

Usai konsumsi makanan olahan, besar kemungkinan muncul rasa kembung dan tak nyaman di perut. Hal ini tentu tidak nyaman dalam perjalanan yang kamu lakukan.

Makanan Mentah

Konsumsi makanan dalam kondisi mentah seperti sushi atau sashimi kadang memang menyenangkan. Namun, sebisa mungkin hindari saat sedang bepergian.

Ketika sedang bepergian, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang dalam kondisi matang sepenuhnya. Hindari konsumsi makanan mentah dan terbuka karena makanan tersebut bisa terkontaminasi bakteri dan menyebabkan infeksi perut.

Infeksi perut ini bisa menimbulkan maslaah seperti muntah dan diare. Tentu saja hal ini tidak nyaman untuk dialami saat sedang dalam perjalanan.

Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang sebaiknya dihindari dan dibatasi konsumsinya ketika bepergian. Makanan ini tinggi minyak dan garam sehingga bisa membuatmu mudah merasa haus dan dehidrasi yang terjadi lebih cepat.

Sejumlah makanan tersebut sebaiknya kamu hindari ketika berpergian. Usahakan konsumsi makanan yang lebih sehat dan kaya nutrisi untuk menghindari munculnya masalah kesehatan pada dirimu. (Uli)