Lima Makanan Yang Bisa Bermanfaat Melancarkan Pencernaan Yang Bermasalah

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 16 Mei 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Konsumsi banyak makanan bersantan kala Lebaran bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan. Hal ini bisa memicu terjadinya konstipasi yang membuat masalah pada pencernaanmu.

Ketika kamu kesulitan buang air besar, kamu bakal mengalami sejumlah masalah dan juga rasa tak nyaman di perut. Hal ini bahkan juga bisa menghambat aktivitasmu sehari-hari.

Untuk mengatasi konstipasi ini, terdapat cara cepat berupa konsumsi obat laksatif yang mudah ditemui di pasaran. Namun selain dengan obat-obatan kimia, terdapat cara untuk yang alami untuk melancarkan buang air besarmu.

Terdapat sejumlah makanan yang bisa membantu melancarkan buang air besarmu. Makanan ini bisa berupa buah, sayur, minuman, atau juga herba. Dampak dari makanan ini bisa membantu kesehatan pencernaanmu tetap terjaga.

Berbagai makanan tersebut memiliki efek sebagai pencahar yang mampu melunakkan tinja, menyerap air pada usus, dan meningkatkan otot pada saluran pencernaan. Dilansir dari Merdeka.com (15/05/2021), ini deretan makananyang bisa membantu melancarkan buang air besar.

Air Kelapa

Konsumsi air kelapa bisa mengatasi dehidrasi dan membersihkan saluran kencing karena kandungan elektrolit termasuk potassium di dalamnya. Namun pastikan untuk jangan berlebihan meminumnya karena justru bisa menimbulkan masalah lain saat buang air besar.

Aloe Vera

Aloe vera tak hanya bermanfaat untuk rambut dan kulit saja namun juga pada pencernaan. Tanaman ini kaya enzim, vitamin, mineral, dan elektrolit yang mampu melunakkan tinja.

Efek laksatif dari tanaman ini berasal dari kandungan anthraquinones di dalamnya. Kandungan ini bisa meningkatkan kandungan air dalam usus, menstimulati lendir, dan meningkatkan kontraksi untuk mencerna makanan.

Buah-Buahan

Konsumsi berri, figs, apel, dan persik untuk mencegah atau mengatasi konstipasi. Kandungan laksatif alami dari makanan ini memberi kombinasi yang tepat dar serat, air, dan antioksidan yang bisa menurunkan peradangan pada sistem pencernaan.

Biji Chia

Setiap porsi biji chia mengandung 10 gram serat per ons. Ketika kamu mengonsumsinya, biji ini bakal mengembang pada sistem pencernaan yang membuatnya bisa menyerap cairan dan melewati usus untuk meningkatkan pencernaan.

Sayur-Sayuran

Sayuran juga merupakan laksatif alami yang bagus untuk tubuh. Bayam dan kale mengandung magnesium yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, melunakkan tinja, serta menarik air dari usus.

Deretan makanan tersebut bisa sangat bermanfaat terhadap kesehatan pencernaanmu. Mengonsumsi makanan tersebut bisa membuatmu buang air besar secara sehat dan alami. (Uli)