Lima Mahluk Mitos Yang Hanya Ada Di Indonesia

FOTO: viva.co.id/indolinear.com
Selasa, 5 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Biasanya makhluk mitologi atau disebut juga sebagai makhluk legenda merupakan makhluk-makhluk yang ada dalam kisah-kisah mitologis, legenda, atau cerita-cerita yang dipercayai masyarakat sejak zaman dulu.

Makhluk mitos Indonesia tersebut dipercaya memiliki bentuk dan kemampuan yang tidak seperti makhluk pada umumnya. Bahkan keberadaan aslinya juga belum diketahui karena hanya sering disebut-sebut dalam kisah-kisah legenda.

Mungkin selama ini kamu sering mendengar kisah makhluk mitologi Yunani, namun ternyata ada juga makhluk mitos Indonesia yang tidak kalah menarik dan hebat. Apa saja itu? Melansir dari Viva.co.id (04/07/2022), berikut ini sejumlah makhluk mitos Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui.

  1. Garuda

Mungkin Garuda dikenal sebagai simbol dari negara Indonesia. Namun ternyata simbol Garuda itu diambil dari salah satu makhluk mitologi yang ada di Indonesia. Garuda dikisahkan sebagai makhluk yang berwujud kepala elang dan tubuh seperti seorang ksatria. Burung garuda sendiri diketahui adalah kendaraan dari Dewa Wisnu. Menurut legenda, tubuh garuda digambarkan sangat besar sehingga badan dan sayapnya dapat menutupi matahari dan langit.

  1. Cindaku

Cindaku merupakan salah satu warisan dari masyarakat Kerinci berupa ilmu yang diajarkan oleh nenek moyang mereka. Namun Cindaku ini bukanlah sebuah ilmu hitam. Kekuatan yang dimiliki oleh Cindaku diketahui layaknya kekuatan harimau, namun lebih besar lagi karena dipengaruhi juga oleh energi spiritual.

  1. Ahool

Manusia kelelawar Ahool merupakan salah satu makhluk mitos Indonesia yang menurut legenda dan cerita yang beredar berwujud kelelawar tetapi dengan ukuran yang besar. Bahkan sayap Ahool dikatakan dapat direntangkan hingga mencapai 3,6 meter.

  1. Kuda Sembrani

Kuda sembrani diketahui merupakan kuda yang memiliki sayap sehingga bisa terbang. Kuda ini memiliki rupa seperti kuda pada umumnya. Namun bedanya kuda ini memiliki sayap untuk terbang. Konon Kuda Sembrani ini diceritakan sebagai kendaraan yang ditunggangi oleh  para arwah raja dan ratu menuju singgasananya.

  1. Orang Bati

Makhluk mitos yang terakhir ada Orang Bati yang digambarkan sebagai seekor kera yang memiliki sayap melintang mulai dari tangan hingga kakinya. Tinggi tubuh Orang Bati diketahui sekitar 1,6 meter dengan warna kulit yang kecokelatan. Mereka yang meyakini adanya Orang Bati akan melakukan pemburuan anak kecil keluar pada malam hari lalu dijadikan sebagai santapan. (Uli)

loading...