Lima Langkah Menjaga Vagina Agar Tetap Awet Muda

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 13 Juli 2019

Indolinear.com, Jakarta – Banyak wanita yang menginvestasikan dana agar wajah awet muda. Banyak yang lupa, bahwa organ intim termasuk vagina juga ikut menua seiring pertambahan usia.

“Dokter mungkin tidak memberi tahu hal ini akan terjadi, lalu wanita syok ketika mendapati vagina dan bibir vagina ikut menua,” kata pakar kesehatan wanita Karen Boyle.

Perubahan pada vagina mulai ada sejak umur 20-an. Area di sekitar bibir vagina akan sedikit mengendur sama seperti wajah yang juga mulai muncul kerutan seperti disampaikan Boyle.

Lalu, perubahan paling kentara saat memasuki menopause. Bibir vagina mulai menipis, aliran darah berkurang, dan otot-otot dasar panggul Anda melemah seperti disampaikan dokter kandungan dan kebidanan kosmetik Marco Pelosi.Walau menua itu pasti, menunda agar tidak terlalu cepat tua itu perlu dilakukan.

Berikut beberapa cara agar organ intim dan vagina tetap awet muda seperti dilansir dari Liputan6.com (12/07/2019).

  1. Jaga berat badan stabil

Mereka yang berat badannya gampang naik dan turun berpengaruh terhadap organ intim.

“Semakin banyak perubahan (berat badan) maka akan ada banyak peregangan di situ. Hal ini juga berlaku pada bibir vagina,” kata Pelosi.

Dia menyarankan wanita untuk menjaga berat badan normal, tidak berlebih dan tidak kurus.

  1. Latihan Kegel

Mungkin sudah bosan mendapat saran untuk latihan kegel tapi memang benar-benar aktivitas ini melatih otot-otot di organ intim.

Boyle menyarankan untuk latihan kegel sebanyak 100 kali sehari.  “Otot-otot yang terlaltih membantu Anda menargetkan ‘cubitan’ di titik yang tepat saat bercinta,” kata Boyle.

  1. Duduk di atas bola gym

Pelosi menyarankan untuk duduk 15 menit di atas bola gym. Kegiatan ini memaksa otot-otot dasar panggul sehingga tetap kencang.

  1. Tetap Bercinta

Bercinta tidak membuat otot-otot vagina mengendur. “Jika Anda tidak mendapatkan stimualsi dan tidak ada peningkatan aliran darah ke bawah sana, jaringan dan otot dapat berubah,” kata Boyle.

  1. Sabun lembap

Lebih baik pilih sabun yang lembut dan melembapkan. Walau Anda tidak secara langsung membersihkan bagian tersebut, tapi dengan memilih sabun lembap tidak akan membuat area organ intim kering. (Uli)