Lima Keunggulan Lampu LED Daripada Lampu Biasa Untuk Rumah Anda

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 5 Juni 2022

Indolinear.com, Merdeka.com – Lampu sudah menjadi kebutuhan primer bagi rumah. Kebutuhan akan lampu memang selalu ada dan selalu digunakan. Untuk itu, dibutuhkan lampu dengan kualitas yang baik untuk kebutuhan dan kenyamanan rumah.

Kini ada berbagai jenis lampu yang ada di pasaran, mulai dari lampu halogen, lampu pijar, lampu fluorescent, hingga lampu LED. Diantara jenis lainnya, lampu LED bisa dibilang menjadi pilihan yang paling mantap.

Meskipun biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi, namun lampu LED memiliki banyak keunggulan dari segi kenyamanan rumah, kesehatan penghuni rumah, hingga dampaknya bagi lingkungan.

Apa saja kelebihan lampu LED yang bisa dinikmati untuk rumah Anda? Simak penjelasannya berikut ini! dilansir dari Merdeka.com (04/06/2022).

Apa itu Lampu LED? Apa Bedanya Lampu LED dengan yang Lain?

LED merupakan kepanjangan dari light-emitting diodes. Lampu LED adalah lampu semikonduktor yang ditenagai listrik yang dikenal lebih ramah lingkungan daripada lampu biasanya.

Lampu LED memanfaatkan prinsip electroluminence. Pada dasarnya, aliran listrik mengaliri bahan semikonduktor berupa diode yang kemudian menimbulkan junction positif-negatif.

Pergerakan elektron yang telah dialiri listrik ini kemudian akan menghasilkan cahaya.

Sementara itu, lampu pijar pada umumnya menggunakan filamen yang dipanaskan karena aliran listrik yang melintas dalam lampu untuk mampu menghasilkan cahaya.

Karena cara kerjanya ini, lampu pijar dinyalakan akan menimbulkan panas. Sementara itu, lampu LED bekerja lebih efisien sehingga nyalanya lampu lebih dingin.

Keunggulan Lampu LED

Lebih Hemat Listrik

Keunggulan utama lampu LED salah satunya karena lampu ini tidak membutuhkan banyak energi. Lampu LED 10 watt bisa menghasilkan cahaya yang sama dengan lampu biasa 60 watt.

LED mampu mengubah 70% energi yang diperoleh menjadi cahaya sementara lampu biasa menggunakan 8% energi yang diperoleh menjadi cahaya dan sisanya dikeluarkan sebagai panas.

Tahan Lama

Lampu LED rata-rata tahan hingga 50.000 jam. Dilansir The Lightbulb dibandingkan dengan jenis lampu lain, lampu halogen tahan hingga 4000 jam, CFL hingga 20.000 jam, lampu fluorescent selama 36.000 jam, dan lampu pijar hanya 2000 jam.

Selain itu, lampu LED juga lebih ‘tahan banting’. Lampu LED bisa bertahan dalam segala jenis iklim dan cuaca. Jenis lampu ini tidak memiliki komponen yang mudah rusak sehingga menjadi pilihan untuk lampu taman.

Meredup

Lampu LED yang telah mendekati masa habis tidak akan tiba-tiba mati seperti lampu lain yang menggunakan filamen. Lampu LED mengenal istilah “depresiasi lumen”.

Seiring penggunaannya, cahaya lampu LED perlahan akan meredup atau berkurang. Usia penggunaan lampu diukur berapa lama cahaya lampu berkurang hingga 30%. Sehingga pengguna dapat memanfaatkan cahaya LED ‘sampai tetes terakhir’.

Tidak Bikin Mata Lelah

Meskipun menghasilkan cahaya yang begitu terang, lampu LED tidak membuat mata lelah karena tingkat Color Rendering Index (CRI) yang tinggi yang menimbulkan cahaya yang terasa alami.

Selain itu, jenis lampu LED memproduksi cahaya yang bebas dari pancaran UV dan IR yang dikenal bisa merusak mata. Oleh karena itu, lampu LED tepat digunakan di ruang kerja ataupun perkantoran.

Aman

Selain tidak menimbulkan cahaya mengandung UV dan radiasi infra merah, lampu LED juga tidak mengandung merkuri, berbeda dengan lampu fluorescent.

Panas yang dihasilkan lampu LED jauh lebih kecil karena hampir seluruh energi diubah menjadi cahaya sehingga lampu risiko kebakaran kecil serta aman digunakan di tempat-tempat yang berdekatan dengan lampu, seperti meja belajar

Itulah berbagai keunggulan yang bisa anda dapatkan dengan lampu LED. Selain ramah lingkungan, lampu LED yang hemat juga ramah di dompet dan ramah untuk mata. Segera ganti lampu rumah menjadi lamu LED! (Uli)

loading...