Lima Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Seseorang ketika Berolahraga Di Rumah

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 19 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kesalahan merupakan sebuah hal yang rentan terjadi pada saat kita berolahraga sendiri. Hal ini terutama bakal menjadi masalah ketika kita berolahraga sendiri di rumah.

Kurangnya alat yang memadai bisa membuat kesalahan rentan terjadi ketika berolahraga secara mandiri di rumah. Hal ini selanjutnya bisa menimbulkan berbagai dampak pada tubuh.

Cedera merupakan hal yang mungkin muncul ketika terjadi kesalahan saat berolahraga. Hal ini bakal bisa berdampak lebih buruk dan membuatmu menjadi gagal melanjutkan olahraga secara rutin di rumah.

Sejumlah kesalahan rentan dilakukan oleh seseorang ketika melakukan olahraga di rumah. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah kesalahan yang rentan dilakukan seseorang ketika berolahraga di rumah, dilansir dari Merdeka.com (17/08/2021).

Melewatkan Pemanasan

“Salah satu kesalahan umum yang biasa dilakukan ketika berolahraga di rumah adalah kurangnya pemanasan yang cukup,” terang Jereme Schumacher, terapis fisik di Bespoke Treatments.

“Pemanasan merupakan hal penting untuk memastikan tubuh dalam kondisi prima dan siap melakukan gerakan olahraga. Tanpa pemanasan cukup, kamu memiliki risiko cedera lebih besar,” sambungnya.

Cara Mengatasinya: Lakukan setidaknya dua menit kardio ringan untuk meningkatkan detak jantung dan mempersiapkan otot. Selanjutnya lakukan drill pergerakan. Jika kamu tak yakin apa yang harus dilakukan pada saat pemanasan, lakukan gerakan yang perlahan dan ulangi olahraga ini kemudian.

Tidak Memiliki Rencana Olahraga

Bagi sejumlah orang, menjaga motivasi merupakan hal yang sulit dilakukan untuk berolahraga. Hal ini bakal semakin masalah ketika kamu berolahraga tanpa memiliki rencana yang tepat.

Ketika berolahraga tanpa rencana, biasanya seseorang bakal melakukan rutinitas mereka sebelumnya. Sayangnya, melakukan hal yang sama berulang-ulang ini malah bisa berujung cedera dan tidak ada kemajuan.

Cara Mengatasinya: Pertimbangkan untuk membagi rutinitas olahraga ini pada berbagai bagian tubuh. Disarankan untuk berganti melatih bagian atas dan bawah tubuh secara bergantian setiap hari.

Melakukan Olahraga yang Terlalu Kompleks

Bekerja di rumah dengan peralatan terbatas bisa menjadi sebuah hal yang monoton. Namun sama seperti tanpa adanya rencana, kamu juga biasanya membuat rencana yang terlalu muluk dan kompleks untuk dilakukan.

Melakukan olahraga yang terlalu kompleks bisa membuatmu menjadi rentan mengalami cedera. Oleh karena itu, hal ini tidak ideal dilakukan terutama di rumah.

Cara Mengatasinya: Daripada melakukan gerakan yang sukar, sebaiknya lakukan olahraga yang lebih terarah. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya cedera dan mendapat hasil lebih baik.

Form Gerakan yang Salah

Ketika berolahraga di pusat kebugaran, biasanya akan ada instruktur yang membantu membenahi kesalahanmu. Namun ketika berolahraga di rumah, kesalahan lebih rentan terjadi karena form yang salah sehingga kamu mengalami cedera.

Cara Mengatasinya: Jika kamu tidak yakin dengan form milikmu, kamu bisa coba berolahraga di depan cermin. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah menyadari apakah terdapat kesalahan dari form dan membenahinya lebih cepat.

Menggunakan Peralatan Rumahan dan Buatan Sendiri

Pernahkan kamu melihat barbel yang dibuat menggunakan kaleng susu? Cara ini memang bisa tergolong kreatif untuk dilakukan. Namun terlalu banyak menggunakan peralatan buatan sendiri seperti ini bisa berpengaruh pada kesehatan ketika berolahraga.

Cara Mengatasinya: Cari benda dalam bentuk dan berat sama ketika kamu berolahraga. Selain itu pastikan benda ini juga cukup stabil, tak berbahaya, serta tidak mudah rusak. (Uli)