Lima Kesalahan saat Minum Air Putih yang Mungkin Dilakukan Seseorang

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 13 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Konsumsi air putih merupakan salah satu cara sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Minum air putih dalam jumlah cukup bisa membantu menjaga fungsi tubuh tetap aman dan sehat.

Sebagian besar atau 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Air merupakan hal yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk melakukan proses metabolisme.

Kurangnya air putih pada tubuh seseorang bisa menyebabkan masalah dehidrasi. Hal ini bisa membuatmu merasa lelah dan bahkan menyebabkan masalah kesehatan lain.

Walau menyehatkan, namun penting untuk mengetahui cara tepat dalam mengonsumsi air putih. Dilansir dari Merdeka.com (11/07/2020), sejumlah kesalahan ini bisa membuat konsumsi air putih jadi tidak bermanfaat.

Minum Sambil Berdiri

Minum air putih sambil berdiri bisa membuat kamu tidak mendapat nutrisi yang tepat karena air langsung turun ke perut bagian bawah. Hal ini tentu saja membuat manfaat air putih jadi tidak tepat dengan sasaran.

Menelan Terlalu Banyak dan Terlalu Cepat

Menelan minuman terlalu banyak dan cepat bisa membuat manfaat dari air putih berkurang. Ketika minum terlalu cepat, sisa air yang seharusnya dibuang malah tersimpan di ginjal dan kandung kemih.

Minum Tepat Sebelum dan Sesudah Makan

Ketika kamu minum tepat sebelum makan, maka kamu bakal kenyang dan tidak dapat makan dengan nyaman. Jika kamu tidak makan dengan tepat, maka tidak ada cukup nutrisi yang masuk ke tubuhmu.

Sebaliknya, ketika kamu minum air tepat setelah makan, bakal terjadi gangguan pada pencernaan. Hal ini bahkan bisa menyebabkan konstipasi dan mual.

Minum Air Terlalu Banyak

Selain kurang minum air, konsumsi air terlalu banyak juga bisa menyebabkan masalah ini. Hal ini bisa menyebabkan hyponaremia atau keracunan air sehingga kandungan sodium di dalam tubuh bisa terlalu rendah.

Tidak Minum Air Sebelum dan Setelah Berolahraga

Banyak orang yang kurang mengonsumsi air sebelum dan setelah berolahraga. Hal ini bisa menyebabkan sakit kepala jika dilewatkan. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan asupan air yang masuk terutama pada saat berolahraga.

Mengingat dampak yang bakal muncul, tidak hanya jumlah yang harus diperhatikan, namun juga cara dalam konsumsi air putih. Cara yang tepat bisa membuat kamu terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang mungkin muncul. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: