Lima Kebiasaan Yang Sebaiknya Dihindari Jika Kamu Menderita Diabetes

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 1 Desember 2019

Indolinear.com, Jakarta – Ketika seseorang menderita penyakit diabetes, maka terdapat perubahan yang perlu mereka lakukan dalam hidupnya. Perubahan ini perlu dilakukan agar kondisi kesehatan yang mereka miliki tidak semakin memburuk.

Ketika menderita diabetes, kamu perlu secara rutin memeriksa gula darah, mengetahui apa yang kamu makan, serta sejumlah hal lainnya. Hal ini sebagai tindakan pencegahan agar kondisi diabetesmu tidak menurun.

Perubahan gaya hidup juga penting kamu lakukan untuk mencegah adanya masalah kesehatan yang lebih buruk. Kamu perlu lebih sering berolahraga serta mengubah pola makan yang kamu miliki, dilansir dari Merdeka.com (29/11/2019).

Ketika kondisi gula darahmu tidak terkendali, maka bisa muncul komplikasi kesehatan lain seperti serangan jantung, stroke, serta masalah kesehatan lain. Oleh karena itu penting untuk melakukan suatu hal serta menghindari hal lain yang bisa meningkatkan risiko masalah.

Sejumlah kebiasaan yang sebelumnya sering kamu lakukan juga perlu dihindari untuk mencegah masalah kesehatan lebih lanjut. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kebiasaan yang sebaiknya dihindari jika kamu memiliki diabetes.

Melewatkan Sarapan

Sarapan merupakan waktu makan paling penting dan melewatkannya bisa mempengaruhi tingkat gula darah. Mulai hari dengan makanan yang seimbang antara lemak, protein, dan karbohidrat untuk mengontrol gula darah dan menjaga sensitivitas insulin.

Makan Sembarangan

Untuk menjaga tingkat gula darah, penting bagimu untuk mengonsumsi makanan yang tepat. Dibanding karbohidrat yang dicerna dan menjadi gula pada tubuh, usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan serat. Makanan ini bisa membuat gula darah terjaga dan obesitas tidak datang. Selain itu, sebaiknya hindari juga minuman berkafein dan bersoda karena bisa berdampak pada tingkat gula darah.

Tidak Memperhatikan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk memperhatikan gula darah yang mereka miliki secara rutin. Hal ini bisa sangat membantu dalam memahami kondisimu dan membuatmu sadar terhadap kondisi sehingga kamu tidak sembarangan dalam melakukan segala sesuatu.

Mengabaikan Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi dan gusi merupakan suatu hal yang perlu dijaga dan berhubungan dengan tingkat gula darah. Akumulasi plak di gusi bisa mengundang infeksi yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Kedua hal ini saling berhubungan satu sama lain sehingga penting untuk menjaga keduanya.

Tidur Kurang Nyenyak

Kurangnya tidur serta pola tidur yang kurang baik bisa berujung pada melonjaknya tingkat gula darah. Kurang tidur memicu lepasnya kortisol di dalam tubuh yang membuat tubuh resisten pada insulin. Hal ini bisa berujung meningkatnya tingkat gula darah dalam tubuh.

Sejumlah hal tersebut penting untuk dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini busa membantu menjaga kesehatanmu tetap prima walau memiliki diabetes. (Uli)

INDOLINEAR.TV