Lima Kata Paling Tua dalam Bahasa Inggris Menurut Peneliti

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 15 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Bahasa Inggris pertama kali digunakan pada awal zaman medieval England sekitar 1.400 tahun yang lalu atau pada abad ke-6.

Bahasa Inggris muncul secara bertahap sebelum akhirnya menjadi ‘Bahasa Inggris Modern’ seperti yang banyak digunakan saat ini.

Kemudian, pada 1550-an, bentuk dominan diberlakukan. Namun, pernahkah terpikirkan dalam benak Anda apa kata-kata tertua dalam bahasa Inggris ?

Menurut sebuah studi pada 2009 oleh para peneliti di Reading University, kata-kata tertua dalam bahasa Inggris adalah “I”, “we”, “who”, “two” and “three” atau “Aku”, “kita”, “siapa”, “dua” dan “tiga”, yang semuanya sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu.

Dikutip dari laman Liputan6.com (13/07/2020) penemuan ini dilakukan dengan melacak divergensi kata-kata yang digunakan leluhur dari berbagai bahasa (termasuk bahasa Inggris) dengan superkomputer IBM.

“Anda mengetik tanggal di masa lalu atau di masa depan dan itu akan memberi Anda daftar kata-kata yang akan berubah kembali ke masa lalu atau akan berubah pergi ke masa depan,” jelas Mark Pagel, seorang ahli biologi evolusi.

Bahasa yang Paling Banyak Digunakan

Bahasa yang paling banyak digunakan di planet ini berasal dari negara terpadat di dunia, China. Mandarin mengalahkan peringkat kedua bahasa Inggris dengan rasio 2 banding 1.

Meski memiliki banyak penutur bukan berarti Mandarin mudah dipelajari, karena setiap kata dapat diucapkan dengan empat cara (atau “nada”), dan seorang pemula akan selalu kesulitan membedakan satu nada dari yang lain.

Jumlah penutur: lebih dari 1 miliar orang.

Sementara itu, bahasa Inggris ada di posisi kedua. Walaupun bahasa Inggris tidak memiliki penutur terbanyak, itu adalah bahasa resmi bagi banyak negara daripada bahasa lainnya.

Para penuturnya berasal dari seluruh dunia, termasuk Selandia Baru, AS, Australia, Inggris, Zimbabwe, Karibia, Hong Kong, Afrika Selatan, dan Kanada.

Belum lagi mereka yang tidak berbahasa ibu Inggris, namun berkat edukasi dan belajar, menjadi fasih dan pengguna aktif bahasa Inggris. (Uli)