Lima Hal Yang Bisa Menyebabkan Kulit Kuku Sobek Atau Siwilen

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 15 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kulit kuku yang sobek dan terkelupas merupakan sebuah masalah yang banyak dialami sehari-hari. Hal ini bisa sangat mengganggu ketika beraktivitas dan bisa jadi menyakitkan.

Kulit terkelupas yang kamu alami ini bisa muncul dengan masalah lain. Masalah kulit seperti ruam, gatal, serta kondisi kering bisa terjadi bersamaan dengan kulit sobek dan terkelupas ini.

Hal ini biasanya terjadi dari masalah iritasi di sekitar atau faktor yang bisa dikendalikan lainnya. Pada sejumlah kasus, hal ini bisa menyebabkan kulit terkelupas yang parah pada jari-jari.

Terkelupasnya kulit kuku atau biasa disebut siwilen dalam bahasa Jawa ini bisa terjadi karena sejumlah penyebab. Dilansir dari Merdeka.com (13/02/2021), berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan kulit kuku terkelupas.

Cuci Tangan Berlebih

Mencuci tangan berulang kali dengan menggunakan sabun bisa membuat kulit menjadi kering sehingga mudah terkelupas dan pecah. Ketika kamu kerap mengalami masalah ini, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci tangan.

Untuk mencegah masalah ini, usahakan agar tangan tetap lembap usai mencuci tangan. Selain itu, hindari juga penggunaan tisu dari kertas yang bisa menyakiti tangan.

Sinar Matahari

Paparan matahari yang terlalu banyak bisa menyebabkan luka bakar. Kulit yang terkelupas dan sobek merupakan salah satu masalah yang bakal menyertai kulit terbakar sinar matahari ini.

Usahakan untuk menghindari kulit dari sinar matahari sebisa mungkin. Menggunakan tabir surya secara rutin atau losion dari aloe vera bisa membantu mengatasi dan mencegah masalah ini.

Paparan Kandungan Kimia

Sejumlah zat kimia yang ada pada produk kecantikan dan kebersihan bisa menyebabkan iritasi kulit yang berujung kulit terkelupas. Untuk mencegah masalah ini, sebaiknya gunakan produk untuk kulit sensitif.

Bekerja pada tempat yang memiliki banyak produk kimia bisa meningkatkan risiko masalah kulit ini. Untuk mencegah masalah ini, sebaiknya sering mencuci tangan dan sebisa mungkin membuatnya dalam kondisi lembap.

Faktor Cuaca

Cuaca yang dingin dan kering bisa menyebabkan masalah pada kulit sehingga menjadi terkelupas atau pecah. Kamu bisa mencegah masalah ini dengan menggunakan pelembap kulit serta hindari manding air panas.

Keringat berlebih yang terjadi ketika udara panas juga bisa menyebabkan kulit jari terkelupas. Perhatikan juga lingkungan sekitarmu apakah terdapat iritan yang menyebabkan masalah ini.

Kebiasaan Mengisap Jari

Kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jari bisa menyebabkan masalah ini. Hal ini bisa menjadikan kulit lebih kering dan kulit jari terkelupas.

Hal ini tidak hanya terjadi pada anak-anak saja namun juga pada orang dewasa yang melakukannya. Menghentikan kebiasaan ini merupakan satu-satunya cara untuk mencegah muncul kembalinya masalah ini. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: