Lima Hal Penting Tentang Lip Balm Yang Tidak Banyak Diketahui

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 16 Maret 2019

Indolinear.com, Jakarta – Kalau ada satu produk kecantikan yang digemari hampir semua wanita, mungkin lip balm adalah jawabannya. Pelembap bibir ini menjadi teman setia di segala cuaca, terutama bagi mereka yang masih belum ‘berkenalan’ dengan lipstik.

Lip balm memang produk yang sangat berguna untuk menjaga kelembapan alami bibir wanita. Tetapi mungkin Anda belum mengenal lip balm seperti yang Anda kira. Mungkin ada beberapa hal yang masih perlu Anda ketahui tentang lip balm. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Merdeka.com (14/03/2019).

  1. Sebenarnya Tidak Melembapkan

Selama ini kita beranggapan kalau manfaat utama lip balm adalah menjadikan bibir lembap. Namun sebenarnya ini adalah pendapat yang keliru. Humektan yang terkandung di dalam lip balm bukan ditujukan untuk melembapkan bibir, tetapi menjaga agar kelembapan alami kulit bibir terkunci rapat di permukaan. Begitulah cara lip balm menjaga bibir agar tidak kering dan pecah-pecah.

  1. Tak Berbahaya Jika Sampai Tertelan

Lip balm memang tidak untuk dimakan. Tetapi tidak sengaja menelan sedikit lapisan lip balm tidak akan membahayakan kesehatan. Pasalnya beberapa orang memiliki kebiasaan untuk menjilati bibir. Akibatnya partikel lip balm ikut masuk ke dalam mulut. Tetapi lip balm dibuat dari bahan-bahan yang aman untuk kulit. Jadi seharusnya tidak masalah juga jika sampai tertelan sedikit.

  1. Tidak Bisa Bikin Ketagihan

Karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lip balm aman untuk kulit, pastinya produk ini juga tidak bisa menjadikan ketagihan. Kalaupun ada yang berpikir mereka ketagihan merek lip balm tertentu, sebenarnya yang bikin ketagihan adalah sensasi lembapnya yang terasa menyenangkan di bibir. Tidak akan ada masalah jika Anda mengganti produk pelembap bibir yang dipakai saat ini dengan lip balm merek lain.

  1. Bisa Digunakan di Bagian Tubuh Selain Bibir

Meskipun keterangan di kemasan menunjukkan kalau lip balm harus digunakan di bibir, sebenarnya produk ini juga bisa digunakan di bagian tubuh lain yang memerlukan pelembap. Misalnya saja hidung, siku, atau kuku. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk merapikan alis atau melembapkan ujung rambut yang kering.

  1. Bisa Kadaluwarsa

Seperti halnya produk kecantikan lain, lip balm juga bisa kadaluwarsa. Jika masa pakai yang tertera di kemasan sudah terlewati, sebaiknya jangan gunakan lagi lip balm yang Anda miliki. Ganti dengan lip balm yang baru, meskipun sisanya di dalam kemasan masih banyak.

Demikian beberapa hal sederhana namun penting tentang lip balm yang harus Anda ketahui. (Uli)