Lima Fakta Tentang Grabar-Kitarovic Presiden Kroasia Yang Cantik Mempesona

brilionet/indolinear.com
Selasa, 7 November 2017
loading...

Indolinear.com, Kroasia – Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic pernah menghebohkan dunia ketika foto-foto berbikininya pada saat berliburan beredar luas di media. Gara-gara foto itu, banyak yang mulai penasaran dan mencari tahu siapa presiden ke-4 Kroasia tersebut.

Presiden perempuan pertama Kroasia yang terpilih sejak sistem multipartai diberlakukan pada 1990 dan sejak Kroasia merdeka pada Juni 1991 tersebut sejatinya memang memiliki darah politik sekaligus orang pemerintah.

Berikut lima fakta presiden cantik ini, dilansir dari Brilio.net (05/11/2017).

  1. Presiden termuda.

Selain menjadi presiden perempuan pertama, Grabar-Kitarovic juga merupakan presiden termuda. Ia memerintah saat berumur 46 tahun.

  1. Mantan diplomat

Sebelum terpilih sebagai presiden, Grabar-Kitarovic berkarier sebagai diplomat. Karier diplomatnya cukup mengilap, di antaranya pernah menjadi Duta Besar Kroasia untuk Amerika Serikat (2008-2011) dan Asisten Sekjen untuk Diplomasi Umum di NATO di bawah Sekjen Anders Fogh Rasmussen dan Jens Stoltenberg dari 2011-2014.

  1. Perempuan berpengaruh Forbes.

Pada 2016, Forbes memasukkannya dalam daftar Perempuan Berpengaruh Dunia.

  1. Memiliki anak atlet profesional figure skater.

Grabar-Kitarovic menikah dengan Jakov Kitarovic sejak 1996 dan dikaruniai dua anak: Karina (lahir 23 April 2001) seorang profesional figure skater dan juara nasional junior Kroasia serta Luka (lahir pada 2003)

  1. Menguasai 7 bahasa.

Sosok kelahiran 29 April 1968 ini menguasai tujuh bahasa: Kroasia, Inggris, Spanyol, Portugal, Jerman, Prancis dan Italia.

Nah setelah mengenal sosoknya, mungkin kamu-kamu ingin mengikuti jejaknya sebagai politisi Girls? Kayak politisi muda Indonesia Tsmara Amany yang tengah naik daun itu. (Uli)