Lima Ciri-Ciri Hamil Muda Yang Jarang Disadari Calon Ibu

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 18 Maret 2019

Indolinear.com, Jakarta – Hamil merupakan kabar gembira bagi setiap wanita dan pasangannya yang sudah menikah. Namun yang pasti hamil bagi mereka pasangan yang sudah resmi menikah pastinya akan memulai kehidupan yang baru untuk keluarga kecil tersebut.

Entah nantinya itu anak laki-laki, perempuan atau kembar, yang jelas hamil bagi pasangan yang sudah menikah merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan yang maha kuasa.

Bagi kamu yang baru pertama hamil atau baru menjalin biduk rumah tangga, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri hamil muda yang biasa dialami oleh perempuan. Bagi kamu yang baru pertama mengalami masa kehamilan, mungkin tanda-tanda datangnya kehamilan sulit untuk dikenali.

Kamu harus memperhatikan ciri-ciri hamil muda sehingga kamu bisa menemukan waktu yang tepat untuk segera berkonsultasi dan mempersiapkan kehamilan.

Agar tidak bingung, berikut dilansir dari Liputan6.com (17/03/2019) ciri-ciri hamil dan penjelasan tentang munculnya tanda-tanda kehamilan muda.

  1. Telat haid

Telat haid atau datang bulan memang salah satu ciri-ciri hamil muda yang utama. Namun, ada juga lho beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan lainnya yang muncul sebelum kamu telat haid seperti sering pusing, munculnya bercak-bercak darah yang keluar dari vagina, dan perubahan hormone serta sering buang air kecil.

Jika jadwal datang bulan kamu biasanya lancar namun saat ini terlambat, hal ini mungkin adalah tanda-tanda kehamilan. Hal ini disebabkan karena tubuh kamu yang mulai memproduksi hormon progesteron untuk melindungi bayi. Meskipun demikian, wanita dengan jadwal menstruasi yang tidak teratur tidak dapat menggunakan patokan ini.

  1. Mudah lelah

Rasa mudah lelah tanpa sebab seringkali muncul di awal gejala kehamilan. Kelelahan umumnya terjadi karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh, meningkatnya detak jantung, dan perubahan di sistem metabolisme tubuh. Hindari mengatasi kelelahan ini dengan mengonsumsi kafein karena bisa membahayakan janin.

Ciri-ciri hamil ini kebanyakan wanita rasakan saat lelah terus menerus terjadi di trimester pertama, tetapi di trimester kedua berkurang. Rasa lelah yang berlebih akan membuat anda sering cepat tertidur. Hal ini disebabkan dari perubahan hormon dan juga akibat dari kinerja organ-organ vital untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin.

  1. Sering mual dan muntah serta tidak nafsu makan

Ciri-ciri hamil yang ketiga adalah sering mual dan muntah. Mual dan muntah seringkali menjadi tanda-tanda kehamilan yang utama. Hal ini biasanya terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama kamu tidur. Untuk mencegahnya, jangan biarkan perutmu kosong dengan cara makan sedikit demi sedikit namun sering. Mual dan muntah menjadi tanda-tanda kehamilan muda yang biasanya berlangsung hingga di minggu kedua belas. Meski mual dan muntah biasanya lebih sering terjadi saat di pagi hari.

Namun ada pula wanita yang mengalami mual sepanjang hari. Untuk mengatasinya, hindari aroma yang bisa memicumu untuk mengalami mual, makan dengan porsi sedikit namun sering, dan perbanyak minum air putih sebab mual biasanya juga disertai dengan muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi. Tidak hanya itu meningkatnya kadar hormon di awal kehamilan, seringkali membuat wanita kehilangan nafsu makan.

  1. Keputihan dan pendarahan

Keputihan memiliki fungsi untuk menjaga sistem reproduksi agar tetap bersih dan bebas infeksi. Keputihan yang muncul di masa awal kehamilan juga memiliki tugas untuk melindungi sistem reproduksi dari infeksi. Namun kamu perlu waspada jika keputihan yang kamu alami berjumlah banyak, berwarna kuning atau hijau, berbau tidak sedap, dan disertai dengan nyeri.

Tidak hanya keputihan, pendarahan awal juga menjadi ciri-ciri hamil. Pendarahan ini terjadi sebagai tanda dari embrio yang menempel di dinding rahim. Namun kamu harus tetap perlu waspada jika pendarahan yang terjadi berwarna merah terang atau merah mudah dan munculnya keputihan yang menyerupai gumpalan darah. Apalagi jika disertai dengan rasa kram yang menyiksa.

Segeralah periksa ke dokter jika kamu sudah mengalami kejadian ini. Bisa jadi itu sebuah penyakit lain dan bukan ciri-ciri hamil muda.

  1. Kram dan perubahan payudara

Ciri-ciri hamil yang kelima adalah kram dan perubahan payudara. Kram yang muncul di kehamilan muda rasanya tidak jauh berbeda dengan kram yang biasanya kamu alami menjelang menstruasi. Namun jika kram yang terjadi lebih sakit daripada kram biasanya dan disertai dengan kontraksi yang terjadi setiap 5 hingga 20 menit sekali, ada baiknya kamu memeriksakan kondisi ini pada dokter kandungan.

Selain kram, ciri-ciri hamil yang menyertai ini adalah perubahan payudara. Perubahan serangkaian hormon juga membuat payudara jadi lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting akan lebih menonjol serta berwarna lebih gelap. Serta kamu yang hamil akan lebih sensitif terhadap aroma tertentu terjadi karena indera penciuman yang lebih tajam dari biasanya. (Uli)