Lima Cara Perbaiki Rutinitas Tidur Untuk Dapat Terlelap Dengan Nyenyak

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 20 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tidur malam hari merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari, kamu bakal lebih bersemangat dan bertenaga untuk menjalani hari.

Ketika tidur kurang lama atau kurang berkualitas, hal yang sebaliknya dapat terjadi. Kurang tidur dapat membuat kamu kurang efektif dalam beraktivitas sehari-hari atau bahkan mendatangkan masalah kesehatan.

Kurang berkualitasnya tidur malam yang kamu miliki juga dapat berdampak pada durasi tidurmu. Telah banyak penelitian kesehatan yang mengungkap dampak dari durasi tidur ini.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan kurangnya durasi tidur ini adalah kebiasaan begadang tiap malam. Kebiasaan ini bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam dan bangun dengan kondisi tidur yang belum cukup keesokan paginya.

Sejumlah cara bisa kamu lakukan agar lebih mudah tertidur di malam hari. Dilansir dari Merdeka.com (18/11/2020), berikut sejumlah cara untuk perbaiki rutinitas tidurmu di malam hari.

Pastikan Jam Tidur yang Teratur

Tidur dan bangun pada jam yang teratur bahkan saat akhir pekan disebut bisa memperkuat jam alami di tidurmu. Dr Lizzie Hill dari British Sleep Society mengungkap bahwa jam makan yang teratur juga bisa mempengaruhi hal ini.

Usahakan untuk menghindari olahraga dekat jam tidur karena bisa meningkatkan suhu tubuh dan membuatmu sulit tertidur. Untuk memulainya, pastikan menghentikan semua aktivitas yang kamu lakukan setiap mendekati jam tidur misal jam 9 atau 10 malam.

Jangan Terlalu Banyak Beraktivitas di Kamar Tidur

Disarankan agar tidak melakukan banyak aktivitas di kamar tidur dan hanya menggunakannya sebatas untuk tidur saja. Hal ini bertujuan agar otak terpaku dengan aktivitas tidur ketika berada di kamar.

Berkurangnya aktivitas yang dilakukan di kamar juga bisa membuat temperatur kamar tetap sejuk dan nyaman. Selain itu, hindari juga cahaya yang terlalu terang serta keberadaan alat elektronik di kamar.

Lakukan Persiapan untuk Hari Esok

Mempersiapkan diri untuk hari esok merupakan hal yang bermanfaat dalam rutinitas malammu. Kamu bisa melakukannya dengan mempersiapkan tasmu dan pakaian yang bakal kamu gunakan esok hari.

Martin Hagger, profesos psikologi kesehatan dari University of California mengatakan bahwa rutinitas ini bisa bermanfaat dalam membentuk kebiasaan yang sehat. Terbentuknya rutinitas ini juga bisa membuatmu tidur pada jam yang teratur setiap malam.

Tenangkan Diri

Menenangkan diri pada malam hari bisa membantu kamu untuk tertidur lebih cepat. Kamu bisa melakukannya dengan membaca buku atau melakukan peregangan tubuh.

Mandi sebelum tidur juga bisa membantumu tertidur lebih cepat. Ketika kamu melakukan ini, suhu tubuh bakal menurun dan kamu bisa lebih cepat tertidur.

Tuliskan Kekhawatiranmu

Salah satu masalah yang biasa terjadi sebelum tidur adalah munculnya banyak pikiran di otak. Hal ini terjadi terutama ketika kamu tengah banyak pikiran sehingga tubuhmu tak kunjung tenang.

Kamu bisa menulis kekhawatiranmu atau hal yang bakal kamu lakukan esok hari untuk menata pikiran dan membuat diri lebih tenang. Hal ini bakal menjadi rutinitas yang baik untuk mengawali tidurmu.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan agar memiliki rutinitas yang baik sebelum tidur. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, maka kamu dapat menjadi bertenaga ketika tebangun esok hari. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: