Lima Cara Mudah Mengeluarkan Air Yang Masuk Ke Dalam Telinga

FOTO: merdeka.com
Minggu, 5 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu hal menyebalkan yang bisa terjadi usai kita mandi adalah masuknya air ke dalam telinga. Hal ini membuat telinga menjadi terasa mampet dan pendengaran kita tak jelas.

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman untuk sementara waktu. Hal ini juga membuat komunikasi yang kita lakukan cukup terganggu.

Sayangnya, kadang air yang masuk ke dalam telinga ini tak dapat keluar dengan mudah. Perlu beberapa waktu sebelum telinga terasa benar-benar lega.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengeluarkan air yang masuk dalam telinga ini. Dilansir dari Merdeka.com (03/12/2021), berikut sejumlah cara mudah untuk mengeluarkan air dari bagian dalam telinga.

1.Miringkan Kepala

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan memiringkan kepala hingga sejajar dengan lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan ke bagian telinga yang kemasukan air.

Tekankan telapak tangan dengan lembut ke lubang telinga yang kemasukan air, kemudian lepas dengan cepat. Ini akan membuat tangan berubah menjadi vakum sementara yang membantu mengisap air keluar. Setelah air keluar sedikit demi sedikit, kamu bisa menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinga.

  1. Pencet Hidung

Tutup mulut dan pegang hidung dengan tangan. Kemudian ambil napas panjang dan keluarkan udara melalui lubang hidung.

Cara ini akan mengatur tekanan udara dan membuat saluran eustachian. Hal ini bisa mengurangi rasa tak nyaman pada telinga yang kemasukan air.

  1. Menggunakan Hair Dryer

Kamu juga bisa menggunakan pengering rambut (hair dryer) untuk mengeringkan air dalam telinga. Pegang pengering rambut sekitar 25 cm di depan telinga, atur panas paling rendah dan kecepatan angin yang rendah.

Setelah itu nyalakan dan biarkan anginnya masuk ke telinga, biarkan selama beberapa detik. Ulangi hingga telinga terasa benar-benar lega.

  1. Menggunakan Garam dan Kain

Sediakan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Setelahnya, letakkan garam tersebut dalam kain katun.

Letakkan kain tersebut di dekat lubang telinga dan biarkan selama beberapa menit. Cara ini bisa membantu garam menyerap air di dalam telinga.

  1. Bawang Putih

Hancurkan beberapa siung bawang putih dan ambil saripati di dalamnya. Ambil sekitar dua sampai tiga tetes sari bawang putih, kemudian masukkan dalam telinga yang kemasukan air.

Tunggu selama beberapa menit, kemudian keringkan telinga menggunakan pengering rambut seperti cara nomor tiga. Ini akan mengeringkan air dalam telinga sekaligus menghilangkan rasa sakit akibat kemasukan air.

Sejumlah cara tersebut bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah telinga yang kemasukan air. Jika sejumlah cara tersebut tak berhasil, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. (Uli)