Lima Cara Mudah Dan Tidak Sakit Dalam Mengeluarkan Serpihan Kayu

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 10 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta –Serpihan kayu yang menusuk jari atau biasa disebut tlusupan merupakan salah satu masalah yang bisa sangat mengganggu. Walau cukup kecil, namun masalah ini juga perlu diatasi secepat mungkin.

Masalah ini walau kecil, namun bisa sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitasmu. Tlusupan yang dibiarkan terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Karena kecilnya serpihan yang masuk ke dalam kulit ini, kadang cukup sulit untuk mengeluarkannya. Bahkan tak jarang proses ini bisa lebih menyakitkan dibanding pada saat tertusuk itu sendiri.

Untuk mengelurkannya, disarankan untuk membersihkan bagian yang tertusuk ini dengan air bersih terlebih dahulu. Kemudian keringkan dengan perlahan dan hati-hati.

Setelah bersih, pada tahap selanjutnya, kamu bisa mulai mengelurkan serpihan kayu ini. Dilansir dari Merdeka.com (08/11/2021), berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan tlusupan ini dengan cara yang tidak menyakitkan.

Menggunakan Selotip

Menggunakan selotip bisa jadi sebuah cara untuk mengeluarkan serpihan kayu kecil yang menusuk ini. Tempelkan selotip pada bagian yang mengalami tlusupan ini dan keluarkan secara perlahan.

Pastikan untuk menariknya berlawanan dari sudut masuknya serpihan kayu ini ke kulit. Pastikan juga selotip sudah cukup menempel pada serpihan kayu yang menusuk agar bisa keluar dengan mudah.

Baking Soda

Buat pasta menggunakan sesendok baking soda dan sesendok air. Tutupi area di sekitar bagian yang mengalami tlusupan kemudian tutup dengan perban selama beberapa waktu. Ramuan baking soda ini seharusnya bisa menarik keluar serpihan kayu tanpa rasa sakit.

Lem

Menggunakan lem juga bisa menjadi cara tidak sakit dalam mengeluarkan serpihan kayu dari dalam kulit. Sebelum melakukannya, pastikan daerah yang mengalami masalah tersebut sudah kering dan bersih.

Oleskan lem pada daerah yang tertusuk kayu dan biarkan hingga kering. Ketika sudah kering, coba lepaskan sisa lem yang menempel ini dan serpihan kayu yang menusuk juga bakal hilang.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida juga bisa digunakan untuk mengeluarkan serpihan kayu yang menusuk kulit ini. Dalam waktu sejehap, gelembung peroksida ini bisa menarik keluar serpihan kayu yang menusuk kulit. Dampak ini juga bisa muncul dengan menggunakan larutan cuka.

Menggunakan Kentang atau Bawang Putih

Menggunakan bawang putih atau kentang bisa membantu mengelurkan kayu yang menusuk. Potong keduanya dalam bentuk kecil untuk membantu mengeluarkannya.

Tutupi potongan kecil yang menempel di tlusupan tadi dengan perban atau kain. Biarkan selama beberapa waktu sebelum kemudian coba menariknya.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu mengeluarkan kayu yang menusuk dengan mudah dan tanpa rasa sakit. Walau begitu, ketika masalah ini tak kunjung usai, sebaiknya segera periksakan pada dokter. (Uli)