Lima Cara Mudah Ciptakan Rambut Ikal Bergelombang Tanpa Ke Salon

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 16 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Saat momen-momen tertentu, banyak wanita yang tiba-tiba ingin tampil dengan rambut ikal nan indah. Padahal mereka memiliki jenis rambut lurus atau keriting.

Keinginan tampil dengan model rambut bergelombang dan ikal sering kali disingkirkan saat harus memikirkan pergi ke salon. Yup, menciptakan rambut ikal sendiri ternyata cukup susah.

Para pemilik salon biasanya menciptakan rambut ikal dengan menggunakan alat pengeriting rambut atau curling wand. Alat pemanas hebat ini mampu menciptakan rambut ikal bergelombang yang halus dan sempurna.

Namun mengubah model rambut menjadi ikal tentu memakan biaya cukup mahal. Sementara membeli curling wand yang berharga mahal rasanya sulit diwujudkan.

Jangan khawatir, buat kamu yang mengurungkan niat membeli curling wand masih tetap bisa kok tampil dengan rambut ikal dengan alat sederhana di rumah.

Dikutip dari Dream.co.id (14/10/2019), berikut langkah-langkah menciptakan rambut ikal bergelombang yang bagus pakai catokan.

  1. Memakai sampo kering

Sebelum mulai menciptakan rambut yang ikal bergelombang dengan catok rambut, kamu sebaiknya melumasi rambut dengan produk yang bisa membuatnya kesat.

Salah satu caranya adalah memakai sampo kering. Selain mempercepat proses, sampo kering akan memperpanjang usia rambut ikal bergelombang yang kamu buat.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan produk pelindung panas untuk rambut.

  1. Mengambil rambut sedikit-sedikit

Selama ini kamu mungkin pernah membuat rambut ikal bergelombang dengan catok rambut tapi selalu gagal, hal ini kemungkinan karena kamu terlalu banyak mengambil rambut.

Yang benar adalah ambil sedikit-sedikit tidak lebih dari 2,5 sentimeter. Jika kamu mengambil terlalu banyak rambut, akan ada bagian yang tidak terkena panas, sehingga hasilnya tidak akan sempurna.

Jangan lupa menekuk pergelangan tangan saat memutar catok rambut. Jangan kaku.

  1. Mulai gulung rambut dengan catok

Setelah mengambil sedikit rambut dan memegang ujungnya, letakkan pada area di antara penjepit catok dan kemudian putar untuk menciptakan gulungan.

Sudah terbentuk gulungan, tarik catok keluar. Pastikan rambut terlilit dengan benar di antara penjepit catok saat menariknya agar tercipta gulungan yang sempurna.

Jika ingin cepat, bagi rambut menjadi empat bagian lebih kecil, dan kerjakan bagian demi bagian untuk menggulung rambut.

  1. Gunakan tangan untuk merapikan gelombang rambut

Salah satu langkah penting dalam menciptakan rambut ikal bergelombang adalah merapikannya menggunakan tangan.

Seringkali gulungan rambut hasil dari catok ini tidak terbentuk dengan rapi. Untuk mempercantik gulungan rambut, kamu bisa menggunakan jari-jari dengan cara memilin atau memutar rambut saat rambut masih panas.

Ini akan membuat rambut tetap ikal bergelombang dalam waktu lama.

  1. Semprotkan hairspray untuk menjaga rambut tetap ikal bergelombang

Langkah terakhir ini memastikan bahwa rambut kamu tetap ikal bergelombang sepanjang hari. Setelah rambut menjadi dingin, gerakkan jari-jari ke rambut untuk memisahkan ikal rambut.

Kemudian semprotkan hairspray secara merata untuk mempertahankan bentuk rambut yang ikal bergelombang. (Uli)