Lima Cara Mudah Bagi Remaja Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 13 Mei 2020

Indolinear.com, Jakarta – Berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah satu hal yang menjadi masalah bagi segala usia. Kondisi ini bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi seseorang yang dalam kondisinya.

Dilansir dari Merdeka.com (11/05/2020), berdasar penelitian yang dipublikasikan pada International Journal of Child Health and Human Development, terdapat hubungan antara obesitas pada anak yang tengah berkembang dengan depresi. Sejumlah penelitian juga mengungkap bahwa anak obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah mental seperti depresi, kecemasan, serta rendahnya rasa percaya diri.

Selain itu, hal ini juga rentan membuat anak obesitas menjadi korban bully dan berujung stres. Dari segi kesehatan, anak obesitas menghadapi masalah seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, serta meningkatnya risiko kematian.

Mengingat berbagai dampak buruk yang mungkin muncul dari kondisi obesitas ini, maka penting bagi seorang anak untuk menurunkan berat badannya. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara mudah dan efektif bagi remaja untuk menurunkan berat badan.

Banyak Minum Air Putih

Berdasar penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, asupan air yang tinggi bisa membantu menurunkan berat badan. Air merupakan minuman tanpa kalori yang bisa kamu konsumsi.

Mengonsumsi setengah liter air bisa meningkatkan peluangmu enurunkan berat badan sekitar 24 hingga 30 persen selanjutnya. Konsumsi air sebelum makan juga bisa membantu menurunkan asupan kalorimu.

Gunakan Piring Lebih Kecil

Penelitian yang dipublikasikan pada International Journal of Obesity menunjukkan bahwa menggunakan piring lebih kecil bisa membantu mengurangi porsi makanmu. Hal ini juga membuatmu tetap tersadar pada porsi makan yang kamu konsumsi.

Penggunaan piring yang lebih kecil ini sangat penting dalam menurunkan berat badan. Pasalnya seseorang biasanya bakal makan berlebihan ketika menggunakan piring lebih besar.

Tidur Cukup

Tidur secara cukup sangat penting untuk menurunkan berat badan. Berdasar penelitian yang dipublikasikan pada Sleep Research Society, diketahui bahwa seseorang yang kurang tidur memiliki risiko lebih besar mengalami obesitas. Hal ini terjadi karena kurang tidur mengganggu fungsi normal dari hormin sehingga berujung pada pola makan yang buruk dan tak teratur.

Menyikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi setelah makan bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan. Berdasar penelitian pada Journal of Obesity disebut bahwa menyikat gigi setelah makan bisa membatasi keinginan untuk mengonsumsi makanan tak sehat setelah makan.

Hal ini terjadi karena kamu bakal kehilangan selera makan setelah menyikat gigi karena rasa makanan menjadi lebih tidak sedap. Selain menyikat gigi, kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk mendapatkan efek ini.

Menari

Menari dan berdansa bisa jadi cara yang tak membosankan untuk berolahraga. Berdasar penelitian, doletahui bahwa menari bisa jadi cara tepat untuk meningkatkan kebugaran fisik dan keterampilan sosial.

Menari selama 30 menit bisa membantu menghilangkan 180 kalori. Hal ini juga mampu meningkatkan kesehatan mental dan bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga.

Sejumlah cara tersebut bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Hal ini juga bisa dilakukan bahkan ketika di rumah. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya