Lima Cara Menjauhkan Masalah Dari Tulang Seiring Bertambahnya Usia

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 23 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada dunia kesehatan terdapat istilah bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Hal ini terutama seiring bertambahnya usia ketika kita semakin rentan mengalami masalah kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang rentang dialami seiring bertambahnya usia adalah masalah tulang. Hal ini bisa berwujud rasa linu maupun sakit pada persendian.

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang bakal terus menurun. Oleh karena itu, berbagai masalah kesehatan bakal semakin rawan terjadi.

Sayangnya, banyak orang kurang mempedulikan masalah kesehatan tulang ini. Biasanya mereka baru menyadari pentingnya hal ini ketika tulang terasa sakit.

Mencegah berbagai masalah kesehatan ini bisa sangat bermanfaat untuk menjelang hari tua. Dilansir dari Merdeka.com (21/07/2021), berikut sejumlah cara menjaga kesehatan tulang seiring bertambahnya usia.

Menjaga Berat Badan Sehat

Kelebihan berat badan tak hanya buruk bagi sistem kardiovaskular, namun juga bisa berdampak buruk bagi tulang. Persendian hanya bisa menahan berat badan tertentu. Kelebihan berat badan bisa memberi tekanan pada persendian dan menyebabkan nyeri sendi.

Menggunakan Sepatu yang Tepat

Pilihan sepatu yang tepat untuk aktivitas sehari-hari bisa sangat penting. Pastikan pilih sepatu yang nyaman untuk mencegah munculnya nyeri sendi. Hindari menggunakan heels dan pilih jenis flat shoes. Sepatu yang tidak tepat juga bisa menyebabkan terjadinya nyeri punggung.

Terus Bergerak

Cara lain untuk melindungi tulang adalah dengan terus berolahraga. Tetap aktif bisa menurunkan ketegangan di persendian dan membuatnya lebih kuat. Olahraga yang tepat untuk memperkuat tulang ini adalah bersepeda, berenang, yoga, berjalan cepat, atau mengangkat beban.

Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang tepat dan sehat bisa sangat membantu menjaga kesehatan tubuh dan tulang. Konsumsi berbagai makanan kelompok bawang juga diketahui bisa turunkan risiko masalah sendi dan tulang.

Berhenti Merokok                    

Merokok bisa meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan seperti masalah kardiovaskular dan kanker paru-paru. Hal ini juga bisa mencederai pergerakan sendimu.

Merokok bisa menyebabkan peradangan pada tubuh yang membuatmu sulit pulih dari berbagai jenis cedera. Oleh karena itu, demi alasan kesehatan, sebaiknya mulailah berhenti merokok.

Sejumlah cara tersebut bisa sangat bermanfaat untuk cegah munculnya masalah tulang di masa mendatang. Hal ini bisa membuat bertambahnya usia tidak bersamaan dengan bertambahnya masalah. (Uli)