Lima Cara Agar Mahasiswa Baru Mudah ‘Taklukkan’ Kampus

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 8 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seringkali kampus jadi momok bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Bukan hanya karena lingkungan yang berbeda, tapi juga bayangan tugas-tugas yang menggunung dan pastinya jauh lebih berat.

Masa awal perkuliahan akan terasa mengejutkan, karena mahasiswa diharuskan menjadi pribadi mandiri yang sering bertemu dengan banyak orang baru, seperti teman, dan dosen. Lingkungan juga baru.

Enggak jarang para maba alias mahasiswa baru merasakan stres luar biasa ketika menerima ‘kehidupan’ di masa-masa awal perkuliahan. Apakah ada Sahabat Dream termasuk orang-orang yang baru saja memasuki dunia perkulihan di tahun ini?

Tapi, perlu Sahabat Dream tahu bahwa ketidaknyaman pskologis dan beratnya kehidupan kampus akan ‘terasa’ jika kamu terus mengeluh dan tidak melakukan beberapa cara seperti yang dilansir dari Dream.co.id (06/10/2021)berikut ini:

  1. Ikuti beragam organisasi

Mungkin ini merupakan langkah yang bisa dibilang sedikit sulit buat kamu yang pemalu atau kurang bisa berinteraksi dengan orang-orang baru.

Tapi untuk kamu yang sudah terbiasa dengan menyesuaikan kehidupan dengan lingkungan baru, cara ini akan rerasa nyaman. Setidaknya, kamu sudah ‘menemukan’ kehidupan yang akan menemani beberapa tahun ke depan.

Di komunitas atau organisasi kampus, kamu akan menemukan dan mempelajari hal baru yang tidak kamu dapatkan di masa-masa sekolah.

Kamu juga akan mendapatkan beragam pengalaman seru dan menyenangkan dari kegiatan di kampus. Jadi usahakan untuk terus bangun kepercayaan dirimu, ya, Sahabat Dream.

  1. Jangan ragu menolak

Belajar untuk jujur pada dirimu sendiri juga merupakan hal penting. Jika kamu tidak seirama dengan pemikiran seseorang atau teman kelompok, segeralah bersuara.

Jangan bilang iya untuk hal yang tidak sanggup atau tidak kamu sukai. Hal ini merupakan salah satu jalan untuk mengolah pola pikir seseorang dalam menyelesaikan suatu permasalahan topik tertentu.

  1. Berani minta bantuan

Tidak selamanya menjalankan tugas kuliah berjalan mulus, nantinya kamu pasti akan mengalami kesulitan-kesulitan kecil sehingga membutuhkan bantuan teman untuk menyelesaikan suatu tugas kuliah.

Jika kamu mau meminta bantuan, tugasmu akan terasa ringan, dan mempermudahmu di kemudian hari.

  1. Waktunya coba hal baru

Di peekuliahan kamu tidak hanya harus terpaku dengan hal yang kamu pelajari. Kamu juga bisa belajar tentang banyak hal di luar mata kuliah agar wawasan dan informasi terkini ngumpul di pikiran.

Jika coba hal baru, waktumu akan terasa lebih berharga dan menantang diri untuk keluar dari zona nyaman. Dari hal ini, kamu akan lebih cepat beradaptasi dengan lingkunganmu.

Karena sebuah pengalaman akan jadi pelajaran paling berharga dan berguna untuk memperluas wawasanmu.

  1. Jangan samakan dengan kehidupan SMA

Mulailah untuk buka lembaran dengan segala kebiasaan baru. Rencanakan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya, tentukan goals, dan laksanakan dengan rutin.

Kegiatan yang dilakukan setiap hari secara teratur akan hasilkan manfaat besar untuk dirimu. Misalnya meluangkan waktu belajar satu jam setiap harinya di luar jam perkuliahan.

Selain itu, jangan ragu untuk rutin belajar mandiri karena ingin dapatkan nilai terbaik. Nantinya nilai terbaik yang menjadi tujuanmu akan lebih cepat terwujud dan masa perkuliahanmu akan terasa lebih menyenangakan.

Bagaimana? Mau coba tips dan trik di atas? (Uli)