Lewat Cerita, Erick Thohir Ingatkan Anak-anak Pentingnya Pakai Masker

FOTO: sopy/indolinear.com
Senin, 13 September 2021
loading...

Indolinear.com, Kabupaten TangerangĀ – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mengingatkan pentingnya menggunakan masker saat pandemi Covid-19 kepada anak-anak melalui cerita buku bergambar di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cikuya, Solear, Kabupaten Tangerang, Minggu (12/9/2021).

Erick saat tiba di TBM Cikuya mengaku bangga karena tingginya kesadaran masyarakat soal membaca. Saat melihat-lihat keadaan TBM Cikuya, Erick langsung ditodong untuk membacakan cerita di hadapan puluhan anak kecil.

“Pak menteri bacain kita buku dong,” kata seorang anak kecil dengan polos meminta agar Erick membacakan sebuah buku.

Mendengar permintaan anak kecil itu, spontan Erick Thohir dan peserta yang hadir tertawa. Dengan sigap, ErickĀ  langsung mengiyakan permintaan tersebut.

“Wahh… boleh..boleh, buku apa nih yang mau dibacakan, ohh. Aku dan Masker ku,” kata Erick sambil melihat buku bercerita tersebut.

Setelah melihat-lihat buku tersebut, Erick langsung mengajak kepada anak-anak kecil agar mendekat di samping dirinya agar dibacakan buku bercerita.

Saat bercerita, Erick terlihat begitu akrab dengan anak-anak dalam menanggapi pertanyaan yang dilontarkan secara spontan mengenai gambar masker.

“Ayo.. ini ada berapa masker, gambarnya juga bagus-bagus,” imbuh Erick saat membacakan buku cerita anak tersebut.

Memakai masker juga sangat berguna untuk melindungi diri selain virus Corona seperti penyakit influeza dan juga menghindari debu di jalanan.

“Jadi, masker ini banyak manfaatnya, emang ga enak ya pakai masker tetapi harus dibiasakan ya supaya melindungi diri kita,” kata Erick.

Setelah membacakan cerita pada anak-anak, Erick Tohir langsung melakukan diskusi kepada relawan literasi yang tergabung dalam Forum TBM Tangerang Raya.

Salah satu relawan, Ketua TBM Jelita Cangkudu, Dewinta Agustini mengatakan jumlah TBM di Tangerang Raya kurang lebih 130. Sementara, di provinsi Banten sendiri ada kurang lebih 600.

“TBM sendiri di Tangerang raya itu ada 130an, kalau di banten sendiri ada 600an. Semuanya aktif dan jalan semua, satu TBM rata-rata itu dibawah SD-SMP menjangkau hingga lebih 50 anak,” kata Dewinta menjelaskan.

Menanggapi itu, Erick juga menekankan agar membaca ini harus terus digalakkan karena dapat membuka cakrawala ilmu pengetahuan.

“Membaca harus menjadi sebuah budaya, kita akan terus dukung agar kecerdasan anak bangsa terus meningkat. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan pengetahuan dan daya ingat,” jelasnya.

Selain melakukan kunjungan ke TBM Cikuya, Erik Thohir juga menyerap aspirasi dari sepuluh kepala sekolah dasar negeri yang ada di Kabupaten Tangerang.

Dalam bantuannya Erick menyerahkan router wifi, projector, projector screen, webcam, laptop chromebook, seragam sekolah, perpustakaan digital edu balai pustaka, tas dan perlengkapan sekolah, hingga meja lipat serta buku.

Terakhir Erik Tohir juga menemui warga yang sedang berkumpul di sebuah warung untuk mendengar aspirasi mereka tentang jembatan yang rusak. Di sana, Erick Thohir akan memberikan bantuan untukn membangun jembatan akses antara Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Serang. (sopy)