Lepas Kontingen RI Ke Olimpiade Tokyo, Jokowi Berharap Atlet Bawa Pulang Medali

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 10 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melepas 28 atlet yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

Acara pelepasan itu digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/7/2021) siang WIB dengan tamu undangan yang terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam seremoni yang juga disiarkan secara virtual itu, turut hadir Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, dan Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Rosan Roeslani.

Hadir juga empat orang perwakilan atlet, yakni Aliviyanto Bagas Prastyadi (panahan), Arif Dwi Pangestu (panahan), Aflah Fadlan Prawira (renang), dan Windy Cantika Aisah (angkat besi).

Selain itu, acara pelepasan juga diikuti oleh para atlet, ofisial, dan ketua umum induk cabang olahraga secara virtual dari sejumlah tempat.

Presiden Joko Widodo mengatakan, persiapan kontingen Indonesia untuk menghadapi Olimpiade Tokyo telah dilakukan secara maksimal.

“Saya telah memperoleh laporan, tadi sudah disampaikan juga oleh Pak Menpora, bahwa yang berangkat adalah 28 atlet, 17 ofisial dari 8 cabang olahraga yaitu atletik, panahan, rowing (dayung), menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar,” kata Jokowi dilansir dari Kompas.com (09/07/2021).

“Sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara. Saya yakin insya Allah perjuangan saudara-saudara akan mendapatkan hasil,” ujar Presiden melanjutkan.

Demi mensukseskan misi tersebut, Presiden Jokowi berpesan agar para atlet menjaga kesehatan, stamina, dan motivasi selama bertanding di Olimpiade.

Presiden juga meminta para atlet untuk fokus pada pertandingan sehingga bisa meraih prestasi dan membawa kebanggaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Rakyat menaruh harapan besar kepada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita, Indonesia,” tuturnya.

“Selamat menjalankan amanat berat ini, rakyat menunggu saudara-saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan saudara-sudara berhasil,” ucap Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam laporannya mengatakan, bahwa atlet yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 sukses melebihi target yang semula ditetapkan.

“Hasil dan kualifikasi ini melebihi dari target. Rencana awalnya hanya dapat memberangkatkan 22 atlet karena situasi Covid-19, tetapi karena usaha dan kerja keras kita bisa memberangkatkan 28 atlet,” ujar Zainudin Amali.

Menpora juga melaporkan bahwa seluruh atlet, ofisial, dan tenaga pendamping yang akan berangkat menuju Olimpiade Tokyo telah mendapatkan vaksin Covid-19 pada tanggal 26 Februari. Adapun Olimpiade Tokyo 2020 akan mulai bergulir pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. (Uli)