Lawan Ketakutan  Public Speaking Dengan Virtual Reality

Rabu, 24 Februari 2016
loading...

Indolinear.com – Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum itu mengerikan. Bahkan berbicara di depan umum adalah ketakutan nomor satu sebagian besar umat manusia, mengalahkan kematian.

Hal ini memang susah dihadapi. Namun ada sedikit trik teknologi agar Anda bisa lebih nyaman untuk menyampaikan sesuatu di depan ratusan pasang mata yang menyimak Anda. Apakah itu?

Jawabannya adalah Virtual Reality. Cardboard dapat membantu anda mensimulasikan banyaknya penonton untuk melatih kemampuan Anda dalam berbicara di depan umum, sebelum menghadapi penonton yang asli. Aplikasi yang mendukung simulasi ini dapat menyediakan panggung 360 derajat dengan penonton yang dapat membuat Anda merasa sedang memberi presentasi sesungguhnya.

Selain itu, Anda bisa mengubah setting ruangan untuk banyak atau sedikitnya penonton, sesuai dengan kebutuhan Anda. Simulasi presentasi pun juga bisa dilakukan dengan membuka slide presentasi anda sendiri.

Teknologi ini cocok untuk Anda yang memang masih belum merasa percaya diri untuk menghadapi penonton asli. Tentu menghadapi simulasi penonton yang berbentuk animasi 3D dan bisa merespon kita secara virtual, terasa lebih bisa diandalkan ketimbang hanya berlatih di depan tembok maupun cermin. Dengan ini, Anda bisa lebih santai dalam menyampaikan pesan ke penonton.

Untuk Memakai aplikasi ini, anda hanya membutuhkan Google Cardboard. Kacamata virtual reality kardus keluaran Google. Jika malas membeli, Google menyediakan instruksi untuk membuatnya sendiri di rumah. Aplikasi public speaking di Android bisa anda unduh gratis. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com