Latihan Treadmill Dan Mandi Sauna, Ini Perawatan Unik Domba Garut

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 3 Februari 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Para pecinta binatang biasanya rela merogoh kocek yang tak sedikit demi perawatan hewan peliharaan kesayangannya. Namun apa jadinya jika hal tersebut dilakukan untuk seekor domba?

Bagi seorang pemilik padepokan domba Garut Intan Dewata Single Fighter (SF), Ernawati, memberikan perawatan unik dan mewah untuk domba-dombanya bukanlah hal baru. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa dombanya hingga usia belasan tahun.

Pasalnya, domba Garut asal Jawa Barat memang dikenal sebagai domba kualitas terbaik yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Domba Garut ini juga sering diikutkan dalam kompetisi ketangkasan domba.

Melansir dari Merdeka.com (02/02/2021), berikut Erna membagikan kisahnya dalam merawat domba-domba di padepokannya.

Latihan Lari di Treadmill

Erna mengaku, domba-domba yang ada di padepokannya ini sering Ia berikan beberapa perlakuan khusus yang jarang diberikan di padepokan domba lainnya.

Salah satunya, Ia memberikan domba-dombanya treadmill untuk latihan lari. Hal ini untuk menjaga otot atau persendian domba. Bahkan terkadang Ia juga memberikan perlakuan berenang untuk domba-dombanya.

“Kadang kami perlakukan domba untuk berenang,” kata Erna.

Mandi Sauna dan Pedicure

Tak hanya itu, domba-domba di padepokan milik Erna ini juga rutin mandi dalam sepekan menggunakan steam salju hingga sauna untuk mengeluarkan lendir yang berada di saluran pernapasan domba.

“Dampaknya besar, pernapasannya lebih sehat dan bugar sehingga lebih siap saat berlaga,” lanjutnya.

Perawatan kuku seperti memotong kuku yang sudah mulai memanjang atau pedicure pun tak ketinggalan.

Makanan Sehat dan Suplemen Vitamin

Selain perlakuan fisik, Erna juga memberikan asupan makanan yang sehat untuk domba-dombanya. Untuk mempertahankan bobot domba yang diinginkan, Ia memberikan makan yang terjadwal setiap hari.

Makanan yang diberikan, mulai dari rumput segar, ampas tahu, singkong, hingga daun nangka yang dipercaya menjaga kebugaran bagi domba.

“Biasanya pemberian makan dua kali sehari yakni pukul 06.00 pagi hari dan pukul 15.00 hingga pukul 20.00 malam,” ujarnya.

Erna juga memberikan suplemen makanan berupa ramuan jamu, hingga vitamin yang mendukung untuk kesehatan domba.

“Sesekali kita cek kesehatan juga jika melihat domba kurang bergairah, makanya domba kami jarang sakit,” katanya.

Raih Banyak Prestasi

Pemberian perlakuan yang unik dan istimewa bagi domba-domba ini ternyata sebanding dengan deretan prestasi yang diberikan bagi padepokan. Erna mengatakan, semua dombanya juara di seluruh kelas, mulai A hingga C.

Berbagai prestasi pun berhasil diraih domba-domba milik Erna, mulai level regional provinsi Jawa Barat, hingga kejuaraan tangkas domba Garut bertaraf nasional.

“Untuk kategori melestarikan budaya, tahun 2015 lalu kami satu-satunya padepokan domba yang meraih prestasi anugerah inovasi dari Provinsi Jawa Barat,” ujarnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: