Laptop Kesayanganmu Sering Overheat? Atasi Dengan Tiga Hal Ini

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 25 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Beberapa hal bisa menjadi pemicu panasnya laptop kesayangan. Prosesor yang bekerja ekstra keras hingga minimnya aliran udara di dalamnya bisa menjadi pemicu overheating terjadi pada laptop kesayangan.

Jika hal ini terjadi pada laptopmu, jangan panik. Ada beberapa hal yang bisa membantu mengatasi panas berlebih pada laptop kesayanganmu. Apa saja?

Pada dasarnya, laptop akan mampu beroperasi dalam kondisi terbaik jika suhu ruangan berada di angka 24 derajat celcius. Oleh sebab itu, pastikan ruangan sejuk ketika kamu beraktivitas dengan menggunakan laptop kesayangan.

Jika ruang beraktivitasmu menggunakan AC, kamu bisa mengatur suhu maksimal 24 derajat atau kurang dari itu agar tetap sejuk. Namun jika tak ada AC, kamu bisa mengakalinya dengan kipas angina, dilansir dari Merdeka.com (24/06/2022).

Laptop Water Cooler

Jika cooling mat yang biasa diletakkan di bagian bawah laptop sebagai alas tak mampu untuk meredam temperatur panas, kamu bisa menggunakan pendingin model water cooling system.

Pendingin ini memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan radiator pada mobil yaitu memanfaatkan air sebagai pendingin. Laptop water cooler ini sudah bisa didapatkan di pasaran.

Perbarui Thermal Paste

Seperti yang sudah disampaikan di awal, overheating yang terjadi pada laptop bisa muncul akibat prosesor yang bekerja ekstra keras hingga menimbulkan naiknya suhu. Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan memperbaharui thermal paste di dalam prosesor.

Thermal paste berfungsi untuk menghantarkan panas dari prosesor ke heatsink yang kemudian akan didinginkan oleh kipas internal komputer. Pastikan juga untuk mengecek prosesor secara berkala sebelum thermal paste mengering.

Kabar baiknya, semua keperluan untuk mencegah laptop kesayangan dari overheat bisa kamu dapatkan di marketplace kesayanganmu. Dapatkan sekarang juga mumpung lagi banyak promo yang bisa dimanfaatkan. (Uli)

loading...