Lapas Kelas IIA Karawang Cek Instalasi Listrik dan APAR

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 10 September 2021
loading...

Indolinear.com, Karawang – Kebakaran hebat yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang menimbulkan ketakutan lapas lain, seperti Lapas Kelas IIA Karawang.

Ini dibuktikan dengan pengecekan instalasi listrik dan alat pemadam api ringan atau APAR, Rabu (8/9/2021).

Pengecekan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya insiden kebakaran hebat di Lapas Kelas I Tangerang hingga menyebabkan 41 orang meninggal dunia.

“Lapas Karawang sudah kita lakukan langkah-langkah terutama pengecekan instalasi listrik disemua blok maupun di area ruangan kantor,” kata, Kasubsi Pelaporan dan Tata Tertib Lapas Kelas IIA Karawang, Andri Sapari, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (09/09/2021).

Selain memastikan instalasi listrik tertata dengan baik, Andri melanjutkan, pihaknya juga melakukan pengecekan alat-alat pemadam kebakaran seperti APAR di area-area yg sudah disediakan.

Total ada 15 titik APAR yang sudah dipasang di Lapas Kelas IIA Karawang.

“Tadi kita cek juga APAR itu, kebetulan bantuan dari Dirjen tiga bulan lalu alat pemadam api berbentuk bola pemadam sudah kita pasang. Itu tersebar di sejumlah titik area lapas. Mulai dari lorong dekat ruang tahanan, ruangan kantor maupun di area-area strategis lain,” imbuhnya.

Tak hanya memastikan instalasi listrik dan alat pemadam kebakaran, Andri mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan skema mitigasi jika terjadi kebakaran di lapas.

Langkah pertama yang dilakukan dengan membunyikan lonceng sebagai tanda isyarat terjadi gangguan atau kebakaran.

Kemudian, membuka kunci blok dan kamar-kamar lalu mengevakuasi warga binaan dengan dikumpulkan di titik kumpul lapangan terbuka sambi menunggu petugas pemadam kebakaran datang. (Uli)