Lampu Hijau Menpora Di Jalan Pintas Timnas U19 Indonesia

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 13 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, memberikan lampu hijau kepada PSSI menaturalisasi pemain untuk timnas U19 Indonesia.

Adapun calon pemain yang bakal mendapat paspor Indonesia yaitu Kai Davy Boham, Max Christoffel, dan Jim Croque.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bahkan sempat memanggil tiga nama tersebut untuk latihan bersama dengan timnas U19 Indonesia.

Kai Boham merupakan pemain berposisi sebagai bek dan berusia 18 tahun. Maz Christoffel berposisi di bek sayap dan juga berusia 18 tahun.

Sementara Jim Croque  satu tahun lebih muda dari dua pemain di atas. Dia berposisi sebagai penyerang, dilansir dari Kompas.com (12/07/2022).

Shin Tae-yong pribadi mengatakan membutuhkan sosok striker yang andal di lini depan lantaran belum begitu puas dengan para pemainnya di ajang Piala AFF U19 2022.

Meski demikian, PSSI belum melanjutkan langkahnya untuk menaturalisasi Kai Davy Boham, Max Christoffel, dan Jim Croque dalam waktu dekan.

Sementara Zainudin Amali sudah memberikan jalan kepada untuk menambah jumlah calon pemain naturalisasi kendati sang menteri tak ingin timnas bergantung pada naturalisasi.

Hal ini disampaikan Zainudin Amali tepat setelah laga timnas U-19 Indonesia versus Myanmar di Stadion Patrio Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Pertandingan tersebut merupakan pertandingan terakhir timnas U19 Indonesia di Piala AFF U19 2022.

Pasalnya, tim asuhan Shin Tae-yong sudah dipastikan gagal melaju ke babak semifinal usai kalah bersaing dengan Vietnam dan Thailand di Grup A.

“Jadi apa yang dilakukan STY (Shin Tae-yong) dengan telah memanggil tiga pemain naturalisasi dan masih melakukan inventarisir lagi, bagi kita tidak ada masalah,” kata Zainudin Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora.

“Kalau PSSI bisa mendapatkan tambahan naturalisasi ya syukur.”

“Kami akan dorong untuk bisa fasilitasi tapi jangan itu menjadi gantungan harapan utama kita,” jelasnya.

Sejauh ini, timnas U19 Indonesia sejatinya tampil apik pada Piala AFF U19 2022. Mereka tak terkalahkan dengan 17 gol dan kebobolan dua kali.

Akan tetapi, Indonesia gagal lolos ke semifinal karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand. (Uli)

loading...