Lake Superior Jadi Saksi Bisu Kapal Fitzgerald Hilang Secara Misterius

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 11 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Detroit – 10 November 1975, 45 tahun yang lalu sejarah mencatat bahwa Kapal SS Edmund Fitzgerald tenggelam di Lake Superior, Amerika.

Insiden pada 10 November 1975 itu dilaporkan menewaskan 29 awak di dalamnya. Disebut kecelakaan tunggal terburuk dalam sejarah Lake Superior.

Kapal yang memiliki berat lebih dari 13.000 ton dan panjang 730 kaki (222.504 meter) itu diluncurkan pada tahun 1958, merupakan kapal induk terbesar di Great Lakes dan kapal pertama yang membawa lebih dari satu juta ton bijih besi melalui Soo Locks.

Pada 9 November, Kapal Fitzgerald meninggalkan Superior Wisconsis dengan 26.000 ton bijih besi menuju Detroit, Michigan, Amerika. Kemudian sore berikutnya, Ernest McSorely sang kapten Kapal Fitzgerald dan veteran 44 tahun menghubungi Avafor — kapal lain yang berada di Lake Superior.

Seperti dilansir dari Liputan6.com (09/12/2020), Ernest McSorely melaporkan bahwa kapalnya telah menghadapi “salah satu laut terburuk yang pernah dirinya masuki”. Fitzgerald kehilangan peralatan radar dan kapalnya miring ke salah satu sisi.

Dalam beberapa jam kemudian, kapal lain melakukan kontak dan mengatakan bahwa Fitzgerald berupaya sendiri. Tetapi beberapa waktu kemudian, kapal tersebut menghilang dari layar radar.

Pada investigasi selanjutnya, mengungkapkan bahwa tenggelamnya kapal Fitzgerald Amerika itu terjadi sangat tiba-tiba.

Hilang Secara Tiba-Tiba

Tidak ada sinyal marabahaya yang dikirimkan dan kondisi kapal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada upaya yang dilakukan untuk meninggalkan kapal. Salah satu dugaan penyebab kecelakaan itu adalah karena Fitzgerald membawa terlalu banyak kargo, hal ini juga dapat membuat kapal terlalu masuk ke dalam air dan membuatnya menjadi rentan terhadap gelombang besar yang datang secara tiba-tiba.

Laporan resmi juga menduga bahwa palka atau ruang tempat menyimpan barang-barang ke kargo mungkin rusak, ini juga merupakan salah satu penyebab perpindahan kargo secara tiba-tiba, yang kemudian dapat membalikkan kapal.

Kapal Fitzgerald akhirnya ditemukan 530 kaki (161,544 meter) di bawah permukaan laut, 17 mil (23,3 km) dari Whitefish Bay, ujung timur laut Upper Peninsula Michigan.

Kapal tersebut telah pecah menjadi dua bagian, ditemukan terpisah dengan jarak 150 kaki (45,72 meter).

Dikarenakan dari 29 awak tidak ada yang selamat, kemungkinan besar tidak akan pernah ada penjelasan pasti mengenai tenggelamnya Kapal Fitzgerald. Hanya perairan yang menjadi saksi bisu tragedi nahas tersebut.

Tenggelamnya Kapal Fitzgerald merupakan yang terburuk di Great Lakes, sejak tenggelamnya Kapal Daniel J. Morell di Lake Huron.

Pada tahun berikutnya, bencana itu diabadikan dalam sebuah lagu yang berjudul The Wreck of the Edmund Fitzgerald, yang dinyanyikan oleh penyanyi Folk Kanada Gordon Lightfoot. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: