Lagu Berjudul Like A Rolling Stone Milik Bob Dylan Direkam

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 16 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Manhattan – Menjelang musim seni 1965, dunia menjadi sadar akan kehadiran Bob Dylan. Dalam genre dunia folk music, ia dipuji sebagai pahlawan selama beberapa tahun. Tapi, sekarang musiknya menarik perhatian dan mempengaruhi musisi legendaris lainnya seperti The Beatles dan bahkan Stevie Wonder muda.

Dikutip dari Liputan6.com (14/07/2021), pada 16 Juni 1965, pada hari kedua rekaman di Studio A Columbia Records, Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS), Dylan mengumumkan perubahaan arah musiknya dari folk music menjadi rock and roll.

“Like A Rolling Stone” yang menghasilkan rekaman enam menit 34 detik itu direkam sebanyak empat kali dalam waktu sebelas hari sampai akhirnya Dylan dan manajernya, Albert Grossman, senang dengan hasilnya.

Akhirnya Diliris Berkat 2 DJ Radio

Walau ia dan Grossman sudah merasa cukup, staf penjualan dan pemasaran Columbia Records — yang memutuskan lagu apa yang akan dan tidak dirilis — tidak setuju.

Dengan waktu enam menit 34 detik, lagu tersebut hampir dua kali lebih lama dari rata-rata single lainnya. Suara rock mentahnya jauh di luar zona nyaman label yang terkenal merepresentasi artis seperti Andy Williams dan Johnny Mathis.

Seperti yang diceritakan oleh Shaun Considine, koordinator rilisan baru untuk Columbia Records pada saat itu, 40 tahun kemudian dalam artikel di New York Times, karya Dylan ditolak sebagai single dan dibangkitkan kembali setelah Considine menyelipkan lagu tersebut ke DJ di sebuah klub malam terbuka di Manhattan.

Dua DJ terkenal di antara hadirin mendegar lagu tersebut dan reaksi yang lainnya di klub tersebut mendorong “Like A Rolling Stone” akhirnya dirilis.

Dampak terpenting dari lagu ini bukanlah komersial. Namun, dari sisi kreatif — seperti yang ditulis majalah Rolling Stone pada 2004.

Di majalah tersebut, mereka mengtakan Dylan “mengubah lagu populer dengan konten dan ambisi ‘Like a Rolling Stone’.” (Uli)

loading...