Ladies, Jangan Pakai Alas Kaki Jenis Ini Saat Mengemudi

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 8 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sudah jadi rahasia umum, sejumlah wanita ingin terlihat cantik diberbagai kesempatan. Salah satu yang membuat mereka lebih percaya diri yaitu sepati hak tinggi atau high heels.

Wanita menggunakan sepatu hak tinggi karena ingin menonjolkan keindahan kakinya. Selain itu, menggunakan high heels dipercaya mampu merasa feminin. Yang menjelaskan, dengan high heels membuat wanita menjadi tinggi sehingga bisa menyesuaikan dengan pasangannya.

Namun tahukah hai ladies, jika mengendarai mobil maka Anda tak perlu menonjolkan keindahan tubuh. Sebaliknya, ingatlah faktor keamanan dan keselamatan.

Sebab, berkendara menuntut seluruh indera bekerja lebih fokus. Selain itu, respon juga dituntut untuk bisa lebih cepat. Saat menyetir, respon kaki juga penting, karena ini yang mengatur besar kecilnya tekanan gas dan rem.

Seperti dilansir dari Liputan6.com (06/01/2020), beberapa survei mengatakan bahwa wanita yang mengendarai menggunakan high heels cenderung lebih berbahaya saat menyetir di jalan raya.

Dengan sepatu high heels respon pada kaki jadi berkurang karena posisi kaki yang menjinjit mengikuti bentuk sepatu.

Menggunakan high heels juga bisa membuat Anda terjepit di antara ruang lantai kendaraan dengan pedal. Alhasil, dapat menghambat ketika menginjak pedal termasuk rem.

Disarankan untuk para wanita yang akan menyetir untuk membawa alas kaki lain yang rata. Sehingga, respon kaki saat berkendara akan lebih baik dibanding dengan menggunakan high heels.

Bagaiman Dengan Sepeda Motor?

Banyak pengendara wanita yang mengendarai motor masih menggunakan high heels. Terlebih motor matik yang kian mudah dikendarai dan dibekali berbagai fitur, semakin memudahkan kaum hawa berkendara.

Sayangnya, masih banyak yang cuek soal alas kaki. Kerap ditemui pengendara wanita yang menggunakan motor matik namun memakai sepatu high heels demi menjaga penampilannya.

Ketua Divisi Keanggotaan dan Tata Tertib Yamaha NMax Club Indonesia, Lita Mayasari, mengatakan hal tersebut kurang aman bagi pengendara sendiri.

“Pakai high heels tidak akan nyaman untuk dipakai berkendara sepeda motor. Tidak hanya motor besar saja ya tapi kecil juga. Kalau orang yang belum gabung komunitas masih ada pasti yang seperti itu,” kata Lita saat ditemui di acara Safety Riding di SMA 75, beberapa waktu lalu.

Menggunakan high heels jelas tidak disarankan karena akan mengurangi keseimbangan pengendara saat kaki berada di tanah. Terkait itu, Lita mengatakan tak ada aturan yang baku soal boleh atau tidak mengenakan high heels saat berkendara.

“Bukan gak boleh tapi safety-nya kurang. Saya gak bisa mengatakan enggak boleh karena ga ada aturan baku. Tapi itu akan jadi kesulitan sendiri untuk mengendarai motor menggunakan high heels,” pungkasnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: