Kurangi Angka Pengangguran, Disnaker Adakan Pelatihan Perbengkelan

FOTO: depok.go.id/indolinear.com
Jumat, 12 April 2019
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Untuk membekali keterampilan para pencari kerja agar siap terjun ke dunia kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mengadakan pelatihan perbengkelan. Upaya ini diharapkan menjadi solusi menurunkan angka pengangguran, karena tenaga kerja terampil binaan Disnaker mampu terserap dunia kerja.

“Jumlah peserta pelatihan tahun ini sebanyak 150 orang dari sembilan kelurahan. Kegiatan tersebut merupakan usulan pelatihan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, usai membuka kegiatan pelatihan perbengkelan, di Aula Sekar Peni.

Dirinya mengatakan, peserta dari sembilan kelurahan yang ikut terdiri dari Kelurahan Bojong Pondok Terong, Serua, Pondok Cina, Jati Mulya, Beji, Cinere, Gandul, Sukatani, dan Depok Jaya. Pelatihan dilakukan secara bertahap, dalam satu tahap pelatihan terdiri dari 50 peserta dan dilaksanakan selama 20 hari kerja.

“Seperti kita ketahui, jumlah pencari kerja dari tahun ke tahun semakin meningkat, sedangkan ketersediaan lapangan kerja belum mampu menampung jumlah pencari kerja yang ada. Untuk itu pelatihan ini diharapkan bisa menjadi bekal keterampilan, untuk memperoleh pekerjaan atau bahkan membuka lapangan kerja,” tuturnya dilansir dari depok.go.id.

Menurutnya, pemerintah memiliki peran penting dalam membekali pencari kerja. Dirinya berharap, pelatihan ini dapat memberikan wawasan baru dan bermanfaat bagi peserta.

“Mudah-mudahan peserta dapat berperan aktif dalam mengikuti beberapa tahapan pelatihan hingga akhir. Sebab, pelatihan ini akan membentuk keterampilan mereka untuk mencari kerja,” tutupnya.(pit)