Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Irlandia Utara Dijaga Ketat

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 11 September 2021
loading...

Indolinear.com, London – Untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, Ratu Elizabeth II mengunjungi Irlandia Utara sebagai bagian dari tur Silver Jubilee pada 10 Agustus 1977.

Pada hari itu , sebuah penghormatan berupa 21 letusan pistol yang menandakan kedatangannya di Belfast Loch di atas kapal pesiar kerajaan Britannia dilakukan.

Namun, Ratu tidak mendarat di lokasi kunjungan yang ditetapkan, di Belfast. Lalu, IRA ingin membuat kunjungan ini sebuah momentum yang langka dan menyebutnya dengan “kunjungan untuk diingat”.

Oleh karena itu, kontingen 32.000 tentara dan polisi ditugaskan dalam operasi keamanan kerajaan terbesar hingga saat ini.

Pertimbangan keamanan membuat Ratu melakukan perjalanan singkat ke pemberhentian pertama dalam turnya, yakni Kastil Hillsborough dengan menggunakan helicopter, dilansir dari Liputan6.com (09/09/2021).

Tamu Kunjungan Dibatasi

Tiba di Hillsborough, Ratu disambut oleh anak-anak sekolah dan diperiksa penjaga kehormatan yang dibentuk oleh anggota Resimen Pertahanan Ulster (UDR) yang mendukung tentara regular di Irlandia Utara.

Setelah pemeriksaan tersebut, Ratu mengadakan penobatan dan pesta kebun untuk beberapa ribu tamu. Dari tamu yang hadir, sudah diseleksi dengan ketat.

Sementara itu, Duke of Edinburgh bertemu dengan para pekerja di galangan kapal Harland dan Wolff di Belfast.

Kunjungan Ratu dalam tur Silver Jubilee di Inggris diakhiri pada hari Kamis. New University of Ulster di Coleraine menjadi kunjungan terakhir Ratu.

Setelah meninggalkan Irlandia Utara, Ratu dan keluarganya berlayar ke pulau-pulau Barat dengan kapal Britannia. (Uli)