Kumpulan Dongeng Tentang Hewan Berjudul Sang Musang Dan Tikus Tua

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 5 Mei 2020

Indolinear.com, Jakarta – Disebuah perkebunan tinggal seekor musang yang cerdik dan tangkas dalam berburu tikus bahkan jarang sekali ketika dia berburu tikus musang itu kehilangan buruannya, kemampuannya yang luar biasa membuat para tikus takut ketika keluar dari sarangnya mereka selalu mencari makanan tidak jauh dari sarangnya karena jika mereka keluar jauh dari sarangnya musang itu selalu bersiap dengan cakar dan giginya yang tajam. Namun karena para tikus ini jarang sekali keluar jauh dari sarangnya sang musang harus mencari cara agar dia dapat menangkap tikus-tikus itu.

Suatu hari sang musang pergi ke arah sarang tikus kemudian dia menggeletakan dirinya seolah-olah dia telah mati. Awalnya tikus-tikus itu takut dengan kehadiran sang musang yang berada dekat sarangnya namun lama-kelamaan salah satu tikus keluar memeriksa sang musang dia mecoba mendekati sang musang dan mengendus-endus sambil menaiki tubuh sang musang. Tikus itu berpikir bahwa sang musang telah mati kemudian dia memanggil saudara-saudaranya untuk keluar, kini satu persatu saudara-saudaranya keluar melihat sang musang yang tergeletak itu.

Sang musang menggunakan telinganya yang tajam dan dia mendengarkan tikus-tikus itu setelah beberapa saat sang musang mengetahui sebagian besar tikus dalam lubang itu telah keluar. sekejap sang musang bangun menyambar tikus-tikus itu sang tikus kaget berlarian memasuki sarangnya dan beberapa tikus telah ditangkap oleh sang musang. Setelah mengalami kejadian itu para tikus sangat berhati-hati dengan sang musang kini mereka harus mencari cara bagaimana caranya untuk menghindari musang yang cerdik itu.

Sang musangpun kini mencari cara lain untuk menangkap para tikus itu, sang musang tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk menangkap para tikus. Kini sang musang menggali sebuah lubang besar dan sedikit dalam dimana lubang itu hanya memiliki satu lubang, sang musang mencari makanan tikus seperti jagung umbi-umbian kemudian dia masukan kedalam lubang yang telah dia gali, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (05/05/2020).

Lalu dia menunggu dan bersembunyi di balik pohon, setelah selelai kini para tikus mencium bau makanan yang enak kemudian mereka keluar mencari bau yang enak itu akhirnya mereka melihat tumpukan makanan di sebuah lubang dan tanpa berpikir panjang mereka masuk kedalam lubang itu dan memakan makanan dilubang itu hingga kekenyangan namun salah satu dari tikus tua yang telah berpengalaman menghadapi tipu daya sang musang berkata “Hati-hati mungkin ini adalah jebakan yang dibuat oleh sang musang.” Namun mereka tidak memperdulikan peringatannya, sang tikus sangat khawatir dengan para tikus yang masuk kelubang itu dan benar apa yang dikatakan oleh tikus tua berpengalaman itu sang musang keluar dari balik pohon sambil berlari menuju lubang itu dan menerkam beberapa tikus “seharusnya kau mendengarkan kata-kata tikus berpengalaman itu, dia sangat bijak memberikan peringatan kepada kalian namun kalian tidak mendengarkan”.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Tentang Hewan : Sang Musang dan Tikus Tua adalah patuhilah perintah dan arahan dari orang tua, karena mereka memberi saran tentu untuk kebaikan kita dan berdasarkan pengalaman yang mereka miliki. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV