Kumpulan Dongeng Dari Kongo Asal-Usul Kulit Putih Dan Kulit Hitam

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 31 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala, ada empat saudara yang hendak pergi ke suatu tempat. Tempat yang mereka tuju cukup jauh hingga mereka menemukan dua sungai untuk diseberangi. Sungai pertama berair bening dan bersih, sedangkan sungai kedua berair hitam dan keruh.

Untuk sampai ke negeri yang mereka tuju, mereka harus menyeberangi salah satu sungai itu. Jika ingin cepat sampai, mereka harus memilih sungai berair hitam. Sedangkan jika melewati sungai yang bening, mereka akan lebih lama sampai ke negeri yang mereka tuju.

“Bagaimana ini? Kalau menurutku, lebih baik kita melewati sungai yang hitam saja. Perjalanan kita akan lebih singkat,” ucap salah satu dari mereka.

“Aku takut melewati sungai keruh itu. Jangan-jangan di dalamnya ada ular yang ganas,” jawab saudaranya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (30/12/2020).

Mereka pun berdebat cukup lama. Hingga akhirnya mereka memutuskan, dua orang menyeberangi sungai keruh, sedangkan dua orang lainnya menyeberangi sungai yang jernih.

Keempat saudara itu terpisah menjadi dua. Dua saudara mereka memang akan cukup lama sampai ke negeri yang mereka tuju. Tetapi, lebih baik seperti itu bagi mereka daripada harus menyeberangi sungai keruh dan kotor.

Olala… sesampainya di tempat tujuan, dua saudara itu sadar bahwa tubuhnya kini menjadi sangat gelap. Mereka lalu mencari aliran sungai bening untuk mandi. Tetapi, tetap saja tubuh mereka hitam. Hingga akhirnya mereka menjadi orang berkulit hitam.

Mereka terus berjalan, hingga sampailah mereka di salah satu desa. Penduduk di sana memiliki kulit yang sama hitamnya seperti mereka.

“Sepertinya kita akan hidup di desa ini,” ucap salah satu dari mereka.

“Iya, mereka sama seperti kita. Kita sudah menjadi bagian dari mereka,” balas saudaranya.

Akhirnya mereka menikah dengan perempuan berkulit hitam. Keturunan mereka pun berkulit hitam. Sementara itu, dua saudara yang lain sudah sampai di tepi. Mereka kaget, sebab kulit mereka berubah menjadi putih.

“Sepertinya sungai itu sungai ajaib, sebab membuat kita jadi berkulit putih,” ucap salah satu saudaranya.

“Iya, aku juga percaya itu,” balas saudaranya.

Mereka lalu terus berjalan hingga menemukan sebuah perkampungan penduduk. Di perkampungan itu, semua orang terlihat berkulit putih. Mereka pun merasa menjadi bagian dari kampung tersebut. Akhirnya kedua saudara itu pun menikah dengan perempuan berkulit putih, hingga keturunan mereka memiliki kulit putih.

Pesan moral dari kumpulan dongeng anak : Asal-Usul Kulit Putih Dan Kulit Hitam (Kongo) adalah hitam dan putih hanya warna kulit, yang membedakan adalah hati kita. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: