Kumpulan Dongeng Anak Dari Yunani Gema Dalam Gua

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Senin, 18 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – “Ayah, kita akan pergi ke mana?” tanya seorang anak kepada ayahnya.

“Kita akan pergi ke gunung. Kau pasti akan menyukainya. Akan ada banyak pelajaran yang kau peroleh di sana nanti,” ucap sang Ayah.

Mereka pergi dengan membawa bekal makanan dan minuman. Mereka terus berjalan menuju sebuah gunung. Jalan menuju gunung itu sangat terjal, bahkan tak jarang membuat anak itu terpeleset.

“Kau harus hati-hati. Di sini juga banyak jurang,” ucap ayahnya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (17/01/2021).

Anaknya mengangguk. Tetapi, karena kurang berhati-hati, ia terpeleset lagi dan terperosok ke dalam jurang. Untunglah jurang itu tak terlalu dalam.

“Ayah, tolong aku.” teriak anak itu. Tiba-tiba, ada pantulan suara yang sama dari jurang tersebut.

Ayahnya segera menolongnya. Untunglah anak itu tak terluka. Tetapi, anak itu masih penasaran. Saat dia berteriak tadi, ada suara yang sama dengan teriakannya itu. Si Anak kembali berteriak untuk mendapat jawaban dari rasa penasarannya.

“Woi, siapa di sana?” teriaknya.

“Woi, siapa di sana?” balas suara yang entah dari mana asalnya itu.

“Hei, jawab aku.” seru anak itu kembali.

“Hei, jawab aku.” suara itu membalas lagi dengan ucapan yang sama, seperti meledek. Si Anak pun menjadi kesal. Bukannya mendapat jawaban dari pertanyaannya, ia malah mendapatkan suara yang sama.

“Dasar kau pengecut.” teriak anak itu.

“Lagi-lagi ia mendapatkan jawaban yang sama.” Sungguh jengkel anak itu. Kemudian ia pun bertanya kepada ayahnya.

“Ayah, siapa yang selalu mengikuti suaraku?” tanya anak itu, kesal.

“Itu namanya gema, Nak. Terpantul dari suaramu sendiri. Jadi sebenarnya tidak ada yang mengikuti suaramu,” jelas ayahnya.

“Aku anak pintar!” seru ayahnya, tiba-tiba. Kemudian terdengar pantulan yang sama seperti yang diteriakkan oleh sang Ayah. Anaknya lalu mengerti dari mana suara itu berasal.

 

“Kita bisa belajar dari gema itu. Apa pun yang kita lakukan, akan kembali lagi pada diri kita. Jika kita berbuat baik, maka kebaikan juga yang akan kita dapatkan. Namun, jika kita berbuat buruk, maka keburukan pula yang akan kita dapatkan.” terang ayahnya.

Mendengar penjelasan itu, anaknya mengerti.

Sungguh, alam memang memberikan banyak pelajaran bagi kita yang mau memahaminya.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Anak : Gema Dalam Gua adalah apa pun yang kita lakukan akan kembali pada diri kita. Jadi, ayo banyak-banyak berbuat baik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: