Kumpulan Cerpen Anak SD Dari Portugal Dua Bersaudara Dan Pelaut

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 21 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Dua bersaudara, kakak dan adik itu pergi ke rumah pelaut. Mereka ingin sekali belajar melaut. Banyak yang bercerita bahwa menjadi seorang pelaut itu sangat menyenangkan. Akhirnya, mereka berdua menemui seorang pelaut. Saat itu si Pelaut sedang menganyam.

“Bolehkah kami bertanya padamu,” tanya kakaknya.

“Tentu saja,” jawab Pelaut.

“Kami dengar menjadi pelaut itu sangat menyenangkan. Bisa melihat pasir putih yang indah, melihat ikan, dan bisa pergi ke pulau asing. Apakah kau mau mengajari kami menjadi seorang pelaut?” ujar sang Kakak.

“Mau, asalkan kalian mau menuruti perintahku. Sekarang, bantulah aku menganyam dulu. Aku akan pergi keluar sebentar,” ujar Pelaut.

Pelaut lalu meninggalkan dua saudara itu. Mereka pun kemudian mulai menganyam seperti yang diperintahkan oleh si Pelaut. Namun, beberapa saat kemudian, si kakak mulai bosan. Ia meninggalkan pekerjaannya, lalu membuka jendela rumah pelaut. Ia melihat hamparan pasir putih di sana.

“Adikku, kemarilah. Aku melihat hamparan pasir putih yang indah,” ajak kakaknya.

“Aku sedang sibuk menganyam, Kak,” jawab adiknya, dilansir dari Dari Dongengceritarakyat.com (20/07/2020).

Lagi-lagi si Kakak berteriak kegirangan. Ia melihat perahu yang biasa dibawa oleh Pelaut.

“Adikku, ayo kau harus melihatnya! Perahu milik pelaut itu rupanya sangat keren. Aku ingin segera naik perahu itu.” seru kakaknya.

“Tidak Kakak, aku sedang sibuk menganyam,” balas adiknya.

Sang Kakak terus saja berseru kegirangan. Hingga ia lupa dengan perintah si Pelaut. Sampai akhirnya si Pelaut pulang.

“Selama aku pergi, apa yang kalian lakukan?” tanya si Pelaut.

“Aku melihat hamparan pasir putih yang indah dari balik jendela, serta melihat perahu milikmu yang keren. Aku ingin sekali bisa sepertimu,” jawab si Kakak, girang.

“Lalu, apa yang kau lakukan?” tanya si Pelaut kepada si adik.

“Aku hanya menganyam saja. Sebab tadi kau menyuruhku untuk menganyam sampai kau kembali ke sini,” kata si Adik.

Pelaut itu tersenyum.”Aku akan mengajarimu menjadi seorang pelaut,” ujar si Pelaut kepada si Adik.

“Lalu bagaimana denganku? Aku kan lebih tua darinya. Harusnya aku yang kau ajak,” protes sang Kakak.

“Ya, kau memang lebih tua darinya. Tetapi, dia lebih bijak darimu. Saat aku menyuruhmu untuk menganyam, kau malah melihat pemandangan. Aku takut jika mengajarimu menjadi Pelaut, saat aku menyuruhmu mendayung, kau malah memancing,” balas si Pelaut.

Si Kakak jadi sangat malu. Akhirnya ia harus melihat adiknya pergi bersama si Pelaut. Adiknyalah yang diajari menjadi seorang pelaut.

Pesan moral dari Contoh Cerita Bergambar Untuk Anak SD Dua Bersaudara Dan Pelaut (Portugal) adalah jika guru memberikan tugas kepadamu, maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar kau mendapatkan nilai yang baik. (Uli)