Kumpulan Cerita Rakyat Dari Korut Anak Angkat Raja

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 1 April 2021
loading...

Indolinear.com,Jakarta – Raja sedih, sudah lama ia menikah namun tak dikaruniai seorang anak juga. Akhirnya ia memutuskan untuk mengangkat anak dari negerinya. Raja meminta semua anak laki-laki di negerinya berkumpul. Raja akan memberikan sebuah ujian, siapa yang berhak menjadi anak laki-lakinya.

“Aku mengumpulkan kalian di sini, karena aku akan mengangkat seorang anak yang nantinya akan menggantikan kedudukanku. Aku akan membagikan sesuatu pada kalian,” ucap Raja.

“Apa yang akan paduka bagikan?” tanya seorang anak, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (31/03/2021).

“Aku akan membagikan benih bunga ini. Siapa yang bisa membuat benih ini tumbuh dan berbunga indah, dialah yang akan aku angkat menjadi anakku,” kata Raja.

Semua anak mendapatkan beberapa butir benih. Mereka lalu merawatnya dengan suka cita. Sementara itu, ada seorang anak yang tak bisa membuat benih itu tumbuh.

Anak laki-laki itu amat sedih. Ia berkata kepada ibunya, “Aku sudah merawatnya dengan baik. Tapi, kenapa benih ini tak juga tumbuh. Apa ada yang salah, Bu?”

“Coba kau ganti pot dan tanah dengan yang terbaik,” balas ibunya.

Anak itu lalu mengganti tanah dan potnya dengan tanah dan pot terbaik. Ia merawat benih bunga itu dengan telaten. Namun, benih itu tak juga tumbuh. Sedih sekali hati anak itu.

Raja mengumpulkan kembali anak-anak lelaki di negerinya. Mereka sudah membawa pot berisi bunga-bunga yang cantik. Namun, wajah Raja tampak tak bahagia.

Semua anak itu mengaku bahwa benih bunga yang diberikan oleh Raja berbunga dengan baik. Olala… Raja melihat anak yang sedang menangis dengan membawa pot tak berbunga. Raja mendekati anak itu

“Kenapa kau menangis?” tanya Raja.

“Aku sudah merawat benih bunga ini dengan baik. Tapi, benih ini tetap tak mau tumbuh. Aku tak tahu kenapa itu bisa terjadi,” isak anak itu.

Raja tersenyum senang. Ia langsung mengumumkan bahwa anak itulah yang akan menjadi anak angkatnya. Semua anak laki-laki menjadi heran. Kenapa anak yang membawa pot yang tak berbunga itu justru diangkat menjadi anak oleh Raja?

“Ya, dialah yang akan menjadi anak angkatku. Dia adalah anak yang jujur. Benih yang aku bagikan kepada kalian sebenarnya sudah kurebus, jadi tidak mungkin benih itu bisa tumbuh, apalagi berbunga,” jelas Raja.

Semua anak yang hadir merasa malu. Rupanya, Raja sedang menguji kejujuran mereka. Akhirnya, anak itu pun hidup dengan bahagia di istana dan menjadi anak Raja.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Lucu Anak Angkat Raja (Korea Utara) adalah kejujuran akan selalu mendatangkan kebaikan. Maka, jujurlah meskipun itu menyakitkan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: