Kulit Durian Bisa Menjadi Energi Isi Ulang Baterai Mobil Listrik

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 12 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Bagi sebagian orang, durian merupakan buah dengan cita rasa tinggi. Namun tak sedikit yang tidak menyukainya lantaran aroma menyengat yang dihasilkan.

Tapi siapa sangka, seorang ilmuwan menemukan sisi lain dari buah durian ini. Durian disebut memiliki manfaat untuk teknologi pengisian daya cepat atau fast charging untuk beberapa peranti.

Seperti dilansir dari Liputan6.com (10/03/2020), durian tak hanya bisa mengisi daya secara cepat untuk perangkat genggam, tetapi juga bisa mendukung pengisisan daya mobil listrik.

Berkat tekstur kulit berduri, peneliti bisa memanfaatkan sampah kulit dari buah tersebut. Peneliti mengubahnya menjadi kapasitor super yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah energi besar untuk fast charging.

“Ketepatan struktural biomassa alami dikembangkan selama jutaan tahun evolusi biologis memberikan sumber daya luar biasa sebagai tempat untuk sintesis bahan berbasis karbon. Sifat-sifatnya yang terintegrasi dari area permukaan tinggi dan situs aktif antarmuka dapat memfasilitasi reaksi elektrokimia,” kata para peneliti.

Gagasan mengenai alam yang dapat memberikan solusi bagi beberapa keajaiban teknologi modern bukanlah hal baru.

Seperti salah satu eksperimen sains lebih sederhana yang diajarkan di sekolah, di mana kentang dapat digunakan sebagai baterai. (Uli)

INDOLINEAR.TV