Kualifikasi Piala Dunia 2022 – Timnas Indonesia Berpotensi Tampil Pertengahan Tahun Ini

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 27 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – PSSI menyepakati lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G digelar Juni 2021. Timnas Indonesia pun berpotensi kembali berlaga pada pertengahan tahun ini.

Melansir dari Kompas.com (26/01/2021), Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengaku setuju lanjutan pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dilaksanakan pada Juni mendatang.

“Bila negara-negara peserta lain menyepakati demikian maka PSSI menyetujui dan menghargainya,” kata Yunus.

Adapun, usulan menggeser jadwal lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dilontarkan oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Dalam pernyataan yang dimuat oleh New Strait Times pada 23 Januari, Sekretaris Jenderal FAM Stuart Ramalingam menyebutkan bahwa Indonesia, Thailand, dan Uni Emirat Arab setuju dengan perubahan jadwal tersebut.

Semula, lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal digelar pada Maret 2021. Namun, mundur menjadi Juni 2021.

Kini, FAM tinggal menunggu tanggapan dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) terkait perubahan jadwal tersebut.

Sebab, Vietnam merupakan salah satu tim penghuni Grup G selain Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

“Kami memang berkomunikasi dengan Sekjen FAM. Mereka mohon dukungannya supaya kualifikasi dialihkan ke Juni 2021 karena pandemi Covid-19,” tutur Yunus.

Meski demikian, Yunus yang juga merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI menegaskan bahwa perubahan jadwal tersebut baru sebatas kesepakatan antarfederasi peserta Grup G.

Tim-tim yang berada di Grup G pun harus persetujuan dari FIFA dan AFC untuk memastikan jadwal tersebut.

“Secara resmi harus ada keputusan FIFA dan AFC. Kami masih menunggu soal ini karena hampir semua negara peserta setuju jika kualifikasi ditunda ke bulan Juni 2021,” ujar Yunus Nusi.

Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Skuad Garuda dijadwalkan melakoni dua laga tandang kontra Thailand dan Vietnam serta satu pertandingan kandang menjamu Uni Emirat Arab.

Indonesia saat ini berada di posisi juru kunci klasemen Grup G. Dari lima pertandingan yang sudah dilakoni, Pasukan Garuda selalu menelan kekalahan. Hasil tersebut membuat Indonesia dipastikan gagal melanjutkan langkah pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: