KSP Mengklaim Pemungutan Suara Pilkada 2020 Sudah Lebih Dari Siap

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Rabu, 9 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tenaga Ahli Utama Kedeputian Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian menilai bahwa persiapan Pilkada 2020 yang pemungutan suaranya berlangsung pada 9 Desember mendatang sudah siap. Termasuk protokol kesehatan yang akan diterapkan nantinya.

“Saya kira sudah lebih dari siap. Semua persiapan sudah dilakukan. Protokol kesehatan yang menjadi acuan utama juga sudah dilaksanakan,” kata Donny kepada wartawan, dilansir dari Tribunnews.com (08/12/2020).

Menurutnya penyelanggara Pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu sudah menjalankan tugas dengan baik.

Tinggal saat ini mengantisipasi penularan Covid-19 saat pemungutan suara serta antisipasi gesekan antar pendukung.

“Artinya bagaimana proses pemilihan dilakukan dengan damai, tanpa kekerasan dan demokratis,” katanya.

Selain itu yang tidak kalah penting menurutnya adalah  memastikan masyarakat datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya. Karena dikhawatirkan Pandemi Covid-19 menyebabkan turunnya tingkat partisipasi masyarakat.

“Memang itu menjadi satu pemikiran bahwa dengan pandemi pasti ada penurunan. Tapi saya kira demokrasi engga bisa hanya diukur dari kuantitas pemilih tapi juga dari kualitas.”

“Kita berharap demikian, apa yang berlangsung besok bisa lebih baik. Tidak ada persoalan apapun dan semoga ini juga menandakan kita sudah dewasa dalam berdemokrasi,” pungkasnya. (Uli)