KSAL Meninjau Lokasi Penerimaan Seleksi Terpusat Calon Taruna AAL Di Lanmar Surabaya

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 5 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau tempat seleksi terpusat Calon Taruna (Catar) Akademi Angkatan Laut (AAL) di Pangkalan Marinir (Lanmar) di Surabaya, Senin (4/7/2022).

Seleksi tersebut sebelumnya dilaksanakan di Lembaga Penyedia Tenaga TNI Angkatan Laut (Lapetal), Malang.

Dalam kesempatan tersebut Yudo mengungkapkan perpindahan lokasi tempat seleksi bagi para catar AAL di Lanmar Surabaya karena akses menuju Malang sulit di jangkau dan lokasinya yang sempit.

Selain di Lanmar, lanjut dia, pelaksanaan tes seperti Psikologi, Kesamaptaan dan Jasmani, Akademik, akan berlangsung di Komplek AAL Bumimoro Surabaya.

Sedangkan beberapa tes lainnya termasuk sidang dan pantukhir, lanjut dia, akan mengambil tempat di Lanmar Surabaya.

Dulu, kata Yudo, Lanmar Surabaya terkenal menakutkan sehingga apabila Calon Taruna terlambat pasti akan dipanggil Paga Tap (Perwira Jaga Tetap).

Namun demikian, menurutnya hal tersebut dilakukan mengajari para Catar sikap disiplin dan membentuk mental mereka terutama ketika masuk ke komplek militer yang dikenal memiliki peraturan yang ketat.

“Selama melaksanakan kegiatan seleksi, saya harap panitia dapat memberikan dukungan logistik termasuk perlengkapan makan, serta sarana dan prasarana lainnya disiapkan dengan baik,” kata Yudo dilansir dari Tribunnews.com (04/07/2022).

Sementara itu, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Idi Rizaldi menyampaikan bahwa Gedung Karang Pucung yang sebelumnya difungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 rencananya akan dipakai untuk Messing seluruh calon Taruna.

Daya Tampung gedung tersebut yakni 450 bed sudah tergelar.

Selanjutnya, kata dia, saat ini pembuatan 20 unit Kamar Mandi untuk melengkapi 30 unit MCK yang sudah ada sedang berproses.

Sedangkan kesiapan listrik dan air, kata dia, tidak ada kendala.

Dalam kunjungan tersebut, Idi juga mengajak Yudo meninjau dari Messing Karang Pucung menuju ke dapur, ruang makan, dan ruang perkantoran Lapetal.

Kepada Yudo ia melaporkan meskipun dapurnya relatif kecil, akan tetapi dalam kendali Komandan Batalyon Bekpal 2 Pasmar 2 akan siap menyajikan makanan sebanyak 450 porsi, tiga kali dalam sehari selama Proses Seleksi.

“Selain itu, ruang makan saat ini tengah berproses pembersihan, pembenahan, pengecetan, pelistrikan dan kesiapan lainnya, maupun pengisian meja dan kursi makan untuk Calon Taruna,” kata Idi.

Idi juga menerangkan bahwa Perkantoran Lapetal akan ditempatkan di Gedung Jalasenastri Lanmar Surabaya.

Tempat tersebut, kata dia, akan didesain menjadi Perkantoran yang akan dimanfaatkan oleh Panitia.

Sementara itu, Kalapetal Kolonel Laut (P) Apri Suryanta menambahkan masuknya catar di Lanmar Surabaya diperkirakan tanggal 6 atau 7 Juli 2022.

Ia juga melaporkan beberapa catar perwakilan dari wilayah timur masih kesulitan mendapatkan tiket di waktu libur seperti sekarang ini.

“Namun panitia tetap mengupayakan semua catar berkumpul sesuai waktu yang telah ditentukan untuk melaksanakan tes catar AAL terpusat di Surabaya,” kata Apri. (Uli)

loading...